Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Perorangan

by
August 25th, 2014 at 11:50 am

CiriCara.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sudah mulai beroperasi pada tanggal 1 Januari 2014. Untuk masyarakat pensiunan PNS/TNI/POLRI, Veteran, dan Perintis Kemerdekaan sudah terdaftar di BPJS Kesehatan secara otomatis.

bpjs

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) – Ist

BPJS Kesehatan atau Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) itu sendiri bermanfaat untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat yang sudah mendaftarkan diri. Nantinya peserta BPJS Kesehatan (JKN) ini juga akan mendapat berbagai manfaat lainnya.

Lalu, bagaimana jika ada yang ingin mendaftarkan diri dan anggota keluarganya secara perorangan, bukan melalui perusahaan atau pemerintah? Berikut penjelasan cara mendaftarnya.

Cara pendaftaran menjadi Peserta JKN-BPJS Kesehatan perorangan:

1. Datang langsung ke kantor BPJS (PT Akses) terdekat.

2. Calon peserta mengisi Daftar Isian Peserta, membawa Kartu Keluarga/KTP/Paspor (untuk WNA), pas foto berwarna 3×4 sebanyak 1 (satu) lembar. Untuk mendaftarkan anggota keluarga, Anda hanya perlu menunjukkan Kartu Keluarga (KK)/Surat Nikah/Akte Keluarga.

3. Data kemudian akan diproses oleh petugas BPJS Kesehatan untuk diterbitkan nomor Virtual Account (VA) perorangan dan diserahkan ke calon peserta.

4. Calon peserta membayar iuran lewat ATM/setor tunai sesuai dengan nomor Virtual Account (VA) perorangan ke bank (BNI/BRI/Mandiri) yang telah bekerja sama dengan pihak BPJS.

5. Membawa bukti pembayaran untuk dicetakkan Kartu BPJS Kesehatan.

6. Peserta menerima kartua BPJS Kesehatan sebagai identitas dalam mengakses pelayanan.

*Virtual Account adalah nomor rekening yang disediakan oleh BPJS Kesehatan untuk entitas dan perorangan sebagai rekening tujuan dalam pembayaran iuran Jaminan Kesehatan. (Simpan nomor Virtual Account Anda untuk digunakan setiap kali transaksi pembayaran iuran)

Seperti diketahui, semua peserta BPJS Kesehatan diharuskan untuk membayar iuran per bulannya. Ada tiga pilihan iuran yang disesuaikan dengan ruang kelas perawatan kesehatan, yang bisa Anda pilih:

- Kelas I: membayar iuran Rp 59.500,-/orang per bulan.
- Kelas II: membayar iuran Rp 42.500,-/orang per bulan.
- Kelas III: membayar iuran Rp 25.500,-/orang per bulan.

Anda juga bisa melakukan pendaftaran secara online di website: www.bpjs-kesehatan.go.id.

(YG)

Comment di sini