Kemenperin Buka Lowongan CPNS untuk SMK-S2

by
August 25th, 2014 at 9:43 am

Jakarta (CiriCara.com) – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2014. Kemenperin menyediakan 147 formasi yang terdiri dari 42 jabatan dengan kualifikasi pendidikan SMK hingga S2.

kemenperin RI

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia – Ist

Dari 147 formasi tersebut akan dibagi sesuai dengan kualifikasi pendidikannya. Diantaranya sebanyak 10 formasi untuk lulusan SMK, 22 formasi untuk lulusan D3, 97 formasi untuk lulusan D4-S1, dan 18 formasi untuk lulusan S2.

Sesuai dengan ketentuan Kementerian PAN-RB, peserta yang sudah terdaftar sebagai CPNS Kemenperin akan menjalani tes dengan menggunakan sistem computer assisted test (CAT). Dimana di dalamnya terdapat soal tes kompetensi dasar (TKD).

Berdasarkan berita yang dilansir Liputan6.com, pelaksanaan TKD dengan sistem CAT tersebut akan digelar di 18 wilayah. Diantaranya di Banda Aceh, Medan, Padang, Palembang, Bandar Lampung, Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Denpasar, Pontianak, Samarinda, Banjarbaru, Manado, Makassar dan Ambon.

Mengenai persyaratan sama seperti persyaratan untuk melamar CPNS di kementerian atau lembaga negara lain. Namun, CPNS Kemenperin dibatasi hanya untuk usia minimal 22 tahun dan maksimal 30 tahun per 1 Desember 2014.

Berikut rincian batasan umur untuk masing-masing CPNS berdasarkan kualifikasi pendidikannya:

1. Untuk lulusan SMK maksimal usia 24 tahun.
2. Untuk D3 maksimal berusia 27 tahun.
3. Untuk D4-S1 dan S2 maksimal berusia 30 tahun.

Berikut persyaratan indeks prestasi jenjang pendidikan:

1. Untuk S2, IPK minimal 3,25.
2. Untuk D3, D4, dan S1, IPK minimal 2,75.
3. Untuk SMK, nilai rata-rata UAN minimal 7,0.

Khusu untuk jenjang pendidikan S2, S1, dan D4, diharuskan memiliki kemampuan bahasa Inggris dengan nilai TOEFL sekurang-kurangnya 475.

Bagi Anda yang merasa memenuhi persyaratan atau kualifikasi yang diberikan Kemenperin, bisa langsung mendaftar melalui website resmi panselnas.menpan.go.id. Jika sudah mendaftar di Panselnas, peserta bisa mendaftar ulang melalui situs rekrutmen.kemenperin.go.id.

(YG)

Comment di sini