Cara Mencegah Perampasan Motor di Jalan

by
August 26th, 2014 at 9:22 am

Jakarta (CiriCara.com) – Tindak kejahatan dengan merampas sepeda motor saat ini memang tengah marak terjadi. Umumnya, pelaku mengincar pengendara yang memakai motor sport. Karenanya Anda harus waspada, terutama saat melintas di wilayah yang rawan dan sepi.

penodongan motor

Perampasan sepeda motor – Ist

Seperti diceritan Farid, pegawai bank penunggang Ninja 150 RR. Farid mengaku dirinya hampir saja menjadi korban perampasan sepeda motor di Kawasan Antasari, Cipete dan Ciputat, Jakarta Selatan. Beruntung ia berhasil kabur dari kejaran para pelaku.

Farid menceritakan bahwa para pelaku menggunakan modus pura-pura bertanya soal pengendara Ninja. Kemudian pelaku memaksa Farid untuk menepi. “Mereka mengaku mau ngobrol-ngobrol. Alasannya tetangganya dicopet dan pelakunya naik Ninja,” tuturnya.

Melihat gelagat yang aneh, Farid pun langsung tancap gas tanpa memperdulikan para pelaku. Menurut Farid, mereka hanya ingin merampas sepeda motornya dengan cara pura-pura bertanya dan menuduh dirinya jadi pelaku tabrak lari atau pencopetan.

“Buat yang lain, kalau ada yang nyegat dan pakai modus kayak gitu mending langsung tancap gas saja. Nggak usah didengerin,” saran Farid.

Berikut cara mencegah tindak perampasan sepeda motor di jalan, seperti disampaikan Kasubdit Bin Gakum Polda Metro Jaya, AKBP Hindarsono:

curanmor

Pencurian Motor – Ist

1. Hindari pulang sampai larut malam dan jangan melewati lokasi yang sepi dan gelap. Lebih baik pilih jalur lain jika rute perjalanan Anda melewati daerah rawan kejahatan. Jangan memakai atribut, aksesoris, atau barang lainnya yang dapat memancing pelaku kejahatan.

2. Selalu waspadai dan amati lingkungan sekitar. Jika berhenti jangan terlalu lama, dan segera tancap gas jika ada yang mencurigakan.

3. Jangan berhenti terlalu dekat dengan mobil atau motor yang jadi penghalang. Jadi kalau ada apa-apa kita punya ruang gerak.

4. Lindungi diri dan sepeda motor dengan asuransi. Jangan memikirkan biaya yang Anda keluarkan saat ini, tapi pikirkan keuntungannya untuk jangka panjang.

5. Jangan hiraukan intimidasi dari pengendara lain jika Anda merasa benar. Karena bisa jadi itu hanyalah trik pelaku untuk merampas sepeda motor Anda.

6. Jika sudah terdesak, lebih baik serahkan motor Anda dan segera laporkan kejadian tersebut ke pihak polisi. Ingat! Nyawa Anda lebih penting.

Demikianlah cara mencegah perampasan sepeda motor di jalan. Bagi Anda para pengendara motor, khususnya yang memakai motor sport atau yang berharga mahal, sebaiknya lebih waspada dan lebih berhati-hati lagi. Jangan sampai Anda jadi korban perampasan.

(YG)

Comment di sini