Kekurangan yang Perlu Dibenahi Panselnas CPNS 2014

by
August 26th, 2014 at 12:01 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2014 dinilai masih banyak kekurangan dalam pelaksanaan pendaftaran CPNS 2014 secara online. Alhasil, banyak pelamar yang kebingungan saat akan mendaftar CPNS.

tes cat

Tes CAT CPNS – Ist

Sejak dikabaran pendaftaran CPNS 2014 sudah resmi dibuka beberapa hari lalu, ternyata website panselnas.menpan.go.id malah tidak bisa diakses. Website baru bisa diakses serta dilakukan pendaftaran para Senin, 25 Agustus 2014, kemarin.

Jelas hal itu menimbulkan banyak pertanyaan, apakah Panselnas tidak siap melakukan pendaftaran CPNS 2014? Padahal pemberitaan soal akan adanya perekrutan CPNS tahun 2014 sudah beredar lama. Tapi kenapa belum siap?

Tidak hanya itu, up date data di website resmi perekrutan CPNS 2014 pun berbeda-beda. Contohnya, Kemenkeu mencantumkan kesiapan tanggal pendaftaran pada 24 Agustus – 7 September. Sedangkan Kemenhut dan Kemendag tanggal 25 Agustus – 8 September.

Sementara itu, di website resmi KemenPAN RB (menpan.go.id) masih memberikan pengumuman bahwa massa pendaftaran CPNS 2014 dimulai pada 20 Agustus – 3 September. Jelas perbedaan data ini membuat para pelamar jadi bingung.

Lambannya up date pun dikeluhkan para pelamar. Pasalnya hingga hari ini, Selasa (26/8/2014), baru 34 Pemerintah Daerah yang sudah memberikan rincian lowongan CPNS. Padahal ada 429 instansi daerah yang tercatat akan membuka lowongan CPNS 2014.

Hal tersebut tentu akan membuat jadwal perekrutan CPNS 2014 jadi molor dari tanggal yang ditetapkan. “Ada yang sudah mau ditetapkan, tapi tiba-tiba diubah sama daerah. Nah proses yang begini membuat waktu penetapan jadi molor,” kata Deputi SDM Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmaja.

Dengan berkaca pada kekurangan-kekurangan tersebut, Panselnas CPNS 2014 diharapkan bisa lebih siap lagi jika nantinya akan membuka pendaftaran online di tahun mendatang. Dengan demikian para pelamar CPNS tidak perlu lagi kebingungan saat mendaftar.

(YG)

Comment di sini