Cara Menurunkan Darah Tinggi Tanpa Obat

by
August 27th, 2014 at 9:02 am

CiriCara.com - Tekanan darah tinggi bisa membuat penderitanya mengalami stroke, serangan jantung, dan gagal ginjal. Karenanya, bagi Anda penderita darah tinggi diminta untuk terus menjaga kesehatan tubuh. Hindari makanan-makanan yang memicu darah tinggi.

penyakit darah tinggi

Darah tinggi – Ist

Saat penyakit darah tinggi kambuh, umumnya kita akan menkonsumsi obat penurun tekanan darah. Memang sudah banyak berbagai macam obat penurun tekanan darah tinggi, baik yang dijual di apotek maupun yang diberikan oleh dokter.

Namun, sebelum Anda menkonsumsi obat yang tentunya memiliki efek samping, lebih baik Anda coba cara-cara alami. Kebiasaan meminum obat juga bisa berbahaya untuk ketahanan tubuh Anda. Berikut cara turunkan darah tinggi tanpa obat:

1. Jalan kaki

Olahraga ringan seperti jalan kaki ternyata juga bisa menurunkan tekanan darah 6-8 mmhg. Dengan jalan kaki, penggunaan oksigen pada jantung akan lebih efisien. Disarankan untuk jalan kaki minimal 30 menit setiap hari dalam seminggu. Anda bisa secara perlahan menambah jarak dan kecepatan jalan kaki Anda jika dirasa tubuh sudah semakin kuat.

2. Atur pernapasan

Untuk menjaga agar tekanan darah tetap normal, bernapaslah secara lambat seperti meditasi. Rasakan setiap tarikan napas dan hembusan napas Anda secara perlahan. Lakukan selama 5 menit setiap hari pada pagi dan malam hari. Hal ini berfungsi untuk menjaga kestabilan tekanan darah.

3. Makanan mengandung kalium

Kalium bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Karenanya, penderita darah tinggi disarankan menkonsumsi makanan yang mengandung kalium antara 2.000 sampai 4.000 mg per hari. Beberapa diantaranya adalah tomat, jeruk, pisang, melon, ubi jalar, dan kentang.

Ini Dia 5 Fakta Cokelat Untuk Kesehatan4. Cokelat hitam

Menkonsumsi cokelat hitam atau dark chocolate ternyata juga bisa menurunkan tekanan darah. Pasalnya cokelat hitam mengandung flavanol yang akan membuat pembuluh darah jadi lebih elastis sehingga aliran darah jadi lancar. Tentunya cokelat hitam yang disarankan adalah yang alami, alias belum mendapat tambahan bahan lainnya.

5. Mendengarkan musik

Musik juga bisa menurunkan tekanan darah. Berdasarkan penelitian, musik yang bisa menurunkan tekanan darah adalah musik klasik. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda bersantai sejenak sambil mendengarkan musik klasik kesukaan. Minimal 30 menit setiap hari selama satu minggu dan rasakan efeknya.

Itulah beberapa cara menurunkan tekanan darah tanpa obat berbahan kimia. Tidak ada salahnya untuk dicoba. Semoga berhasil!

(YG)

Comment di sini