Aktivis HAM Minta Kolom Agama di KTP Dihapus

by
August 28th, 2014 at 11:29 am

Jakarta (CiriCara.com) – Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) dari Setara Institute Bonar Tigor Naipospos meminta agar kolom agama di Kartu Tanda Penduduk (KTP) dihapus. Hal ini bertujuan untuk melindungi umat beragama di Indonesia ke depan.

ktp

Kartu Tanda Penduduk (KTP) – Ist

“Pencatuman agama harusnya enggak ada. Kalau agama dan politik itu relasinya memberikan pandangan yang bersifat universal. Ini bisa berkontribusi bagi kehidupan bangsa Indonesia menghapus pengkotak-kotakan,” ujar Bonar, seperti dikutip dari Merdeka.com.

Tidak hanya menghapus kolom agama di KTP, Bonar juga meminta pemerintahan Jokowi-JK juga melakukan perubahan di Kementerian Agama (Kemenag). Menurutnya, tidak perlu lagi di Kemenag terdapat bagian-bagian direktorat agama tertentu.

“Sudah saatnya Ditjen Binmas Katolik, Islam, dan lainnya dihapuskan, yang ada adalah Direktorat Perlindungan dan Kebebasan Beragama,” kata Bonar di Kantor Setara Institute, Jakarta pada Rabu (27/8/2014), kemarin.

Bonar mengakui bahwa penghapusan kolom agama di KTP itu memang bukan rekomendasi prioritas. Namun, Bonar tetap berharap kepada Presiden Jokowi untuk mempertimbangkan usulannya tersebut, agar tidak ada lagi pengelompokan-pengelompokan di Indonesia.

“Ini hanya masalah administrasi. Apakah prioritas atau tidak. Tapi yang jelas standar internasional tidak ada (kolom agama) karena ini menghapus pengkotak-kotakan,” jelas Bonar saat ditanya oleh wartawan.

Kontroversi kolom agama di KTP ini mencuat seiring dengan adanya fakta bahwa agama Baha’i itu merupakan agama resmi di Indonesia. Bahkan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjelaskan bahwa Baha’i termasuk agama yang dilindungi Undang-Undang.

Hal ini memicu pertanyaan penulisan nama agama di kolom KTP para penganut agama Baha’i. Apalagi selama ini masyarakat hanya mengetahui bahwa agama yang diakui di Indonesia itu hanya ada 6, yakni Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Budha, dan Khonghucu.

Bagaimana dengan Anda. Apakah Anda setuju jika kolom agama di KTP dihapuskan atau ditiadakan?

(YG)

Comment di sini