Cara Tangkis Jerawat dengan Mentimun, Wortel, dan Ikan

by
August 28th, 2014 at 2:00 pm

CiriCara.com – Salah satu masalah kulit yang paling banyak dikeluhkan para wanita adalah kulit berjerawat. Hal ini seringkali mengganggu penampilan sehingga jadi kurang pede saat bersosialisasi dengan orang lain. Apakah kulit wajah kamu juga berjerawat?

kulit jerawatan

Jerawat di pipi – Ist

Jerawat itu sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari polusi udara, metode diet yang salah, puber, stress pikiran, dan juga makanan yang tidak sehat. Karenanya, kamu harus pandai-pandai menghindari penyebab jerawat tersebut.

Agar jerawat tidak muncul, kamu harus melakukan perawatan kulit baik dari luar maupun dari dalam. Dari luar, kamu bisa mulai dengan menjaga kebersihan kulit khususnya setelah seharian penuh beraktivitas. Minimal selalu cuci muka sebelum tidur.

Sedang perawatan dari dalam, kamu bisa memulainya dari memilih makanan yang menyehatkan kulit. Berikut makanan yang bisa menangkis munculnya jerawat di kulit wajah:

1. Mentimun

Antioksidan, vitamin C, dan silika yang terkandung di dalam mentimun ini sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit dan berfungsi sebagai anti-inflamasi. Kamu bisa menkonsumsi timun untuk menangkis jerawat.

Selain bisa dimakan, mentimun ini juga bisa dijadikan masker yang fungsi untuk menghadirkan suhu dingin pada wajah. Sangat cocok diaplikasikan setelah pulang lelah seharian beraktivitas. Kamu bisa bersantai sambil maskeran mentimun.

jus wortel obat jerawat

Jus wortel – Ist

2. Wortel

Sayuran yang satu ini terkenal karena khasiatnya yang sangat bagus untuk kesehatan mata. Nah, selain bagus untuk mata, ternyata wortel ini juga berfungsi untuk menghilangkan jerawat yang disebabkan kelebihan minyak pada kulit wajah.

Selain bisa dikonsumsi, kamu juga bisa menggunakan wortel sebagai masker. Caranya adalah dengan memblender hingga lembut wortel yang masih segar. Oleskan pada seluruh bagian wajah, diamkan beberapa menit lalu bilas sampai bersih.

3. Ikan

Konsumsi ikan bermanfaat mencegah dan mengurangi timbulnya jerawat. Hal ini karena ikan mengandung asam lemak omega 3 yang membantu mencegah timbulnya jerawat. Namun kamu harus memperhatikan cara mengolahnya agar kandungan omega 3-nya tidak hilang.

Untuk mendapatkan manfaat ikan, kamu sebaiknya mengolahnya dengan cara dikukus atau dipanggang. Hingga olahan ikan yang digoreng untuk mencegah minyak masuk ke dalam tubuh yang bisa menyebabkan jerawat.

Semoga bermanfaat! (YG)

Comment di sini