Ini Sanksi Jika Daftar CPNS Lebih dari 1 Instansi

by
August 28th, 2014 at 9:03 am

Jakarta (CiriCara.com) – Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2014 ini kembali dilaksanakan dengan cara online melalui website http://panselnas.menpan.go.id. Setiap pelamar hanya diperbolehkan mendaftar di satu instansi saja.

CPNS 2014

Tes CPNS – Ist

“Pendaftaran hanya dapat dilakukan 1 (satu) kali. Anda tidak dapat membatalkan atau mengganti pilihan instansi yang telah Anda pilih,” demikian keterangan di dalam formulir pendaftaran CPNS 2014 yang tertera di panselnas.menpan.go.id.

Kepala Biro Hukum dan Informasi Komunikasi Publik Kemen PAN-RB Herman Suryatman memperingatkan, agar para pelamar tidak melakukan kecurangan dengan mengakali sistem pendaftaran agar dapat memilih lebih dari satu instansi.

Menurut Herman, pihaknya akan memberikan sanksi tegas kepada pelamar yang curang. “Kalau ada yang mencoba menyiasati dengan berbagai cara dan ketahuan, maka akan dibatalkan kelulusannya,” kata Herman, seperti dikutip dari detik.com, Kamis (28/8/2014).

Herman mengakui bahwa sistem pendaftaran online sebenarnya bertujuan untuk meminimalisir kecurangan. Namun, lanjut Herman, sistem elektronik tersebut tetap saja masih mempunyai celah untuk dicurangi.

“Ada orang cari celah, apalagi yang menguasai IT, yang bisa menyiasati aplikasi pendaftaran ini,” jelas Herman.

Meskipun demikian, Herman yakin bahwa pihaknya akan dengan mudah mendeteksi jika ada pelamar yang melakukan kecurangan. Karenanya, Herman mewanti-wanti kepada para pelamar untuk tidak coba-coba melakukan kecurangan .

“Pada akhirnya panitia tetap akan mengetahuinya karena identitas pelamar akan masuk seluruhnya ke panitia. Bila ditemukan ada 1 identitas yang sama di instansi yang berbeda, panitia akan langsung mengetahui,” kata Herman.

Terlepas dari semua itu, saat ini pelayanan pendaftaran online CPNS 2014 di panselnas.menpan.go.id dinilai masih kurang memadai. Pasalnya, masih sering terjadi masalah dengan website tersebut, salah satunya website yang tidak bisa diakses.

(YG)

Comment di sini