SBY Tolak Permintaan Jokowi Naikkan Harga BBM

by
August 28th, 2014 at 2:53 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan pertemuan di Nusa Dua Bali. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi secara langsung meminta SBY untuk menaikkan harga BBM subsidi.

jokowi dan sby

Jokowi dan SBY – Ist

Jokowi mengaku sengaja meminta Presiden SBY untuk menaikkan harga BBM subsidi demi menekan defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dengan demikian setelah dirinya menjabat, Jokowi tidak perlu lagi menaikkan harga BBM.

Terus terang, tadi malam secara khusus saya minta kepada Pak SBY menekan defisit APBN dengan menaikkan harga BBM,” kata Jokowi di Balaikota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (28/8/2014).

Namun, menurut Jokowi, Presiden SBY pada akhirnya menolak permintaannya tersebut. Pasalnya Presiden SBY menilai saat ini bukanlah saat yang tepat untuk menaikan harga BBM. Apalagi sebentar lagi massa jabatan SBY habis.

“Beliau (Presiden SBY) menyampaikan bahwa saat ini kondisinya dianggap masih kurang tepat untuk menaikkan BBM,” kata Jokowi.

Jokowi pun menyayangkan sikap SBY. Menurutnya, apabila harga BBM tidak naik hal itu akan membebani APBN 2015. Jumlah alokasi dana untuk subsidi energi dalam RAPBN 2015 itu sendiri mencapai Rp 433,5 triliun. Sedangkan untuk utang mencapai Rp 154 triliun.

“Sangat membebani,” ujar Jokowi.

Karenanya, Jokowi memastikan setelah dirinya menjabat sebagai presiden, ia akan segera menaikkan harga BBM. Namun, Jokowi masih belum bisa memastikan kapan kenaikan harga BBM itu akan dilakukan. Jokowi sendiri akan dilantik jadi presiden pada 20 Oktober 2014.

Berdasarkan pandangan politik, kubu SBY jelas tidak mau meninggalkan kesan buruk di akhir massa jabatannya dengan menaikkan harga BBM subsidi. Namun, kubu Jokowi sendiri juga tidak mau menciptakan kemelut di awal-awal menjabat dengan menaikkan harga BBM.

Polemik menaikkan harga BBM ini sebenarnya juga pernah terjadi di massa transisi jabatan Megawati Soekarnoputri ke SBY. Saat itu kubu SBY meminta Megawati untuk menaikkan harga BBM sebelum dirinya menjabat. Namun Megawati menolak.

(YG)

Comment di sini