Abraham Sebut Kakbah Berhala dan Larang Ibadah Haji

by
September 1st, 2014 at 3:18 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Warga Nusa Tenggara Barat (NTB) Abraham Sujoko dihukum penjara selama 2 tahun karena mengunggah video berisi pernyataan bahwa Kakbah adalah berhala. Tidak hanya itu, Abraham juga melarang orang menjalankan ibadah haji.

abraham sujoko

Abraham Sujoko – Ist/Youtube

Seperti yang dilansir website Pengadilan Negeri (PN) Dompu di situs Mahkamah Agung (MA), Senin (1/9/2014), Abraham mengunggah video tersebut ke Youtube sekitar bulan Juli 2013 pukul 08.00 Wita. Dia mengunggah video itu melalui warnet di Karijawa, Dompu, NTB.

Dalam keterangannya, Abraham mengatakan bahwa video tersebut diambil menggunakan kamera HP di rumahnya usai salat. Abraham juga mengaku sengaja menyebarkan video tersebut agar masyarakat mau mengikuti ajaran yang dianutnya.

“Di samping itu, supaya masyarakat meyakini bahwa ajakan saya untuk tidak melaksanakan ibadah haji karena Kakbah adalah batu berhala,” kata Abraham di situs MA, seperti dikutip dari detik.com, Senin (1/9/2014).

Beredarnya video pernyataan Abraham tersebut sempat membuat warga Dompu geger. Untuk mengatasi keresahan masyarakat, Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat pun mengeluarkan fatwa pada 3 Desember 2013 yang menyatakan bahwa ajaran Abraman sesat.

Pernyataan Abraham yang menyebut Kakbah adalah berhala di Youtube pun dianggap sebagai salah satu bentuk penistaan terhadap agama Islam. Petugas dari Kementerian Agama setempat juga sempat mendatangi Abraham dan memintanya untuk bertobat.

“Terdakwa (Abraham) telah memberikan pernyataan di media yang tidak sesuai atau bertentangan dengan ajaran dan syariat dari agama Islam,” putus Ketua Majelis Hakim Firdaus dengan Anggota I Gusti Putu Yastriani dan Fita Juwiati.

Akibat perbuatannya itu, Abraham pun dijatuhi vonis 2 tahun penjara, karena dianggap telah melakukan penghinaan atau penistaan agama sesuai pasal 27 ayat 3 UU no 11/2008. Namun, Abraham kabarnya sempat mengajukan banding atas vonisnya tersebut.

Sementara itu, saat ini video pernyataan Abraham Sujoko yang menyatakan Kakbah adalah berhala masih beredar di Youtube. Video berdurasi 16 menit 6 detik tersebut diunggah oleh akun Youtube bernama Mukha syahfaa as pada 27 Juli 2013.

(YG)

Comment di sini