Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Kedutan

by
September 1st, 2014 at 10:34 am

CiriCara.com – Kebanyakan orang menilai bahwa mata kedutan adalah merupakan pertanda akan terjadi suatu hal, entah itu hal baik atau buruk. Mitos ini memang sudah lama beredar di kalangan masyarakat dan tak sedikit yang mempercayai mitos ini. Bagaimana dengan Anda?

mata kedutan

Mata gatal dan kedutan – Ist

Meskipun demikian, sebenarnya kondisi mata kedutan itu bisa dijelaskan secara medis. Apalagi bagi Anda yang mengalami mata kedutan dalam jangka waktu yang cukup lama, itu bisa jadi tanda adanya gangguan kesehatan.

Meskipun tidak menyakitkan, mata kedutan itu cukup menjengkelkan. Mata Anda akan terasa aneh dan pandangan pun jadi tidak fokus. Akibatnya Anda tidak bisa berkonsentrasi saat mengerjakan sesuatu atau saat bekerja.

Mata kedutan disebabkan oleh pergerakan sel saraf yang tidak bisa dikontrol. Akibatnya ada bagian tertentu pada mata yang terasa seperti bergerak-gerak sendiri. Berikut beberapa hal yang bisa memicu mata kedutan:

- Kafein, stres, alkohol, rokok, penggunaan gadget, sindrom pandangan komputer, tiroid, mata kejang, kurang tidur, kelelahan, mata kaku, mata kering, alergi, dan kurang nutrisi.

Bagi penderita mata kedutan yang masih terbilang wajar, berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi masalah mata kedutan:

1. Istirahat cukup

Kedutan pada mata bisa menjadi tanda tubuh Anda terlalu lelah. Untuk mengatasinya, Anda harus istirahat cukup. Menurut dokter, istirahat yang cukup adalah cara yang paling efektif untuk mengatasi mata kedutan.

2. Batasi penggunaan gadget

Bagi penderita mata kedutan, sebaiknya mulai sekarang kurangi aktivitas pemakaian gadget seperti smartphone, tablet, komputer, atau pun laptop. Hal ini bertujuan agar mata tidak terus-terusan terpapar sinar dari gadget.

Ciricara-Pupil Mata3. Cukupi nutrisi harian

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung nutrisi baik untuk kesehatan mata. Pastikan mata Anda mendapat asupan nutrisi yang cukup setiap harinya. Misalnya dengan memakan menu makanan yang terdapat wortel.

4. Suntik botox

Untuk masalah mata kedutan kronis, terkadang suntik botox diperlukan. Suntik botox ini pun perlu diulang setiap beberapa bulan sekali sampai kedutan pada mata benar-benar berhenti sepenuhnya. Karenanya Anda harus mencegahnya sedini mungkin.

Sebenarnya mata kedutan biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam jangka waktu tertentu. Namun, jika mata kedutan itu terjadi selama berminggu-minggu, ini bisa jadi tanda ada yang salah pada syaraf mata Anda.

Jika mata kedutan disertai dengan mata yang tertutup sepenuhnya, berwarna merah, bahkan sampai terjadi pembengkakan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Konsultasikan masalah mata kedutan ini agar tidak semakin parah dan kronis.

(YG)

Comment di sini