Warga Solo Tak Rela Walikotanya Jadi Menteri Jokowi

by
September 1st, 2014 at 11:18 am

Solo (CiriCara.com) – Menurut kabar yang beredar, Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy) akan menjadi salah satu menteri dalam Kebinet Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK). Pasalnya, nama Rudy masuk sebagai kandidat menteri di bawah pemerintah Jokowi.

fx hadi rudyatmo

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy) – Ist/JIBI Photo

Menanggapi kabar tersebut, sejumlah warga Solo mengaku tidak rela jika Walikotanya itu keluar menjadi menteri. Totok Suharto, warga Kratonan, Solo mengatakan bahwa dirinya tidak ingin kehilangan sosok walikota untuk kedua kalinya.

Kami sudah kehilangan Pak Jokowi menjadi Gubernur DKI Jakarta, sekarang jadi Presiden terpilih. Masak mau kehilangan walikota lagi, Pak Rudy di Solo saja,” kata Totok, seperti dikutip dari Merdeka.com, Minggu (31/8/2014) kemarin.

Sejumlah pedagang di Pasar Gede Solo pun menyampaikan hal yang sama. Mereka tidak ingin Rudy menjadi menteri dan meninggalkan Kota Solo. Bahkan, mereka menggelar tumpengan sebagai bukti dukungan kepada Rudy agar tetap memimpin Solo.

“Ini sekalian memperingati 17 Agustus. Kami juga mendukung Pak Rudy agar jangan meninggalkan Solo,” kata Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Gede, Jumadi.

Vonny, warga Banjarsari juga mengharapkan agar Rudy tetap menjadi Wali Kota Solo. Ia pun menyarankan agar Rudy sebaiknya kembali mencalonkan diri sebagai Wali Kota Solo dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Solo tahun 2015 mendatang.

Menurut Vonny, sosok Rudy memang layak untuk jadi pemimpin Solo di periode berikutnya. “Pak Rudy di Solo aja, jadi wali kota lagi. Enggak usah jadi menteri, sudah banyak calon lain di Jakarta,” katanya, seperti dikutip dari Merdeka.com.

Sementara itu, Jokowi-JK sendiri rencananya akan dilantik jadi Presiden dan Wakil Presiden RI pada 20 Oktober 2014 mendatang. Hingga saat ini, kubu Jokowi-JK memang masih mencari-cari siapa saja yang dianggap cocok untuk jadi menteri di kabinetnya.

Dalam pemilihan menteri ini, masyarakat pun bisa memberikan usulan nama yang dirasa tepat untuk mengisi pos-pos menteri di kabinet Jokowi-JK. Usulan nama tersebut nantinya bisa diserahkan melalui sistem online dan akan kembali diseleksi kubu Jokowi-JK.

(YG)

Comment di sini