Politisi PDIP Usul Jokowi Jual Pesawat Kepresidenan

by
September 2nd, 2014 at 8:51 am

Jakarta (CiriCara.com) – Politikus PDIP Maruarar Sirait mengusulkan agar Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) menjual pesawat kepresidenan yang belum lama ini didatangkan dari Amerika Serikat. Hal ini dilakukan sebagai bentuk efisiensi untuk penghematan anggaran.

pesawat presiden indonesia

Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia – Ist

“Efisiensi rakyat juga harus lihat seperti pengurangan anggaran perjalanan dinas. Ke depan saya usulkan pesawat presiden dijual saja, ini untuk efisien,” ujar Sirait dalam diskusi di Hotel Pullman, Jakarta, Senin (1/9/2014), kemarin.

Menurut Sirait, masyarakat tidak akan mau melakukan penghematan jika melihat para pemimpinnya masih berfoya-foya dengan kemewahan. Seperti diketahui, pesawat kepresidenan dibeli dengan harga yang jika dikurs-kan mencapai Rp 840 miliar.

“Protokoler dikurangi dan ini memberi contoh. Pemimpin tidak sederhana bagaimana orang bisa sederhana,” kata Sirait.

Selain usulan menjual pesawat, Sirait juga meminta Jokowi untuk memangkas biaya perjalanan dinas. Ia mengusulkan perjalanan dinas khususnya yang ke luar negeri untuk dikurangi kecuali untuk hal penting saja, seperti saat akan membahas masalah ketahanan negara.

“(Perjalanan dinas) ke luar negeri akan kita kurangi kecuali masalah ketahanan kita. Rakyat mau melihat itu,” tegas Sirait, Seperti dikutip dari Merdeka.com, Selasa (2/9/2014).

Menurut Sirait, pemerintahan Jokowi pun berjanji akan memberantas segala macam mafia di Indonesia. Dengan adanya penegakan hukum ini, maka diyakini akan ada efek yang baik pula untuk kemajuan ekonomi di Indonesia.

Seperti diketahui, Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia berjenis Boeing Business Jet 2 itu tiba di Jakarta pada Kamis (10/4/2014), lalu. Pesawat yang dipesan dari Pabrikan Boeing di Amerika Serikat itu khusus untuk VVIP. Dengan harga yang mencapai Rp 840 miliar, pesawat tersebut menjamin faktor kenyamanan dan keamanan penumpangnya.

Pembelian pesawat tersebut bukan tanpa alasan, SBY membeli pesawat itu untuk menghemat anggaran perjalanan dinas presiden yang terlalu besar gara-gara selalu menyewa pesawat. Selama ini perjalanan dinas memang selalu memakai pesawat carteran dari Garuda Indonesia.

Bagaimana, apakah Anda setuju dengan usulan penjualan pesawat kepresidenan tersebut?

(YG)

Comment di sini