Beredar Usulan Pemindahan Makam Nabi Muhammad

by
September 3rd, 2014 at 12:57 pm

CiriCara.com – Pemerintah Arab Saudi dikabarkan akan segera memindahkan makam Nabi Muhammad SAW di Masjid Nabawi di Kota Madinah. Kabar tersebut muncul setelah beredarnya draf rancangan pemindahan makam nabi dari seorang sarjana Saudi.

masjid Nabawi di Madinah

Masjid Nabawi – Reuters

Dokumen sepanjang 61 halaman itu beredar di antara para pengawas Masjid Nabawi. Dalam dokumen itu disebutkan makam nabi akan dipindahkan ke pemakaman al-Baqi. Sisa-sisa jenazah nabi nantinya akan dikuburkan tanpa nisan atau tanpa identitas.

Makam nabi sengaja dirahasiakan agar tidak dijadikan tempat menyembah para jamaah yang datang berziarah. Pasalnya, kegiatan menyembah makam orang yang sudah meninggal adalah salah satu perbuatan sirik.

“Mereka ingin mencegah para jamaah haji berziarah ke makam nabi karena dianggap perbuatan sirik,” kata Dr Irfan al-Alawi, direktur Yayasan Penelitian Peninggalan Islam kepada The Independent, seperti dikutip dari Merdeka.com, Rabu (3/9/2014).

Pemindahan makam nabi dianggap sebagai satu-satunya cara untuk mencegah jamaah melakukan perbuatan sirik. Seperti diketahui, makam Nabi Muhammad memang selalu ramai didatangi peziarah baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Lebih lanjut, Alawi menilai bahwa rencana pemindahan makam nabi tersebut akan memicu penolakan dari sejumlah kalangan di dalam Islam. Pasalnya makam Nabi Muhammad sangat dihormati oleh kalangan Sunni dan Syiah.

“Saya yakin akan ada kejutan di seluruh dunia Muslim. (Pemindahan makam) ini akan menyebabkan kemarahan,” ujar Alawi, seperti dilansir surat kabar the Daily Mail.

Meskipun demikian, hingga saat ini belum ada konfirmasi dari Raja Saudi Abdullah dan para penjaga Masjid Nabawi. Tidak ada yang tahu, apakah pihak Arab Saudi akan menyetujui rencana pemindahan makam nabi tersebut atau justru akan menolaknya.

Pemerintah Saudi sebelumnya berkeras akan memperluas tempat suci umat Islam di Masjidil Haram Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Akibat perluasan ini, kuota jamaah haji di sejumlah negara pun dikurangi.

(YG)

Comment di sini