Cara Mencegah Wasir Saat Hamil

by
September 3rd, 2014 at 11:52 am

CiriCara.com – Ibu hamil biasanya akan mengalami banyak perubahan, baik secara fisik maupun emosi. Tak jarangn perubahan-perubahan ini sering mengakibatkan gangguan kesehatan pada ibu hamil. Karenanya Anda harus menjaga kesehatan dengan baik.

sehat saat hamil

Ibu hamill – Ist

Salah satu gangguan kesehatan yang paling sering dialami ibu hamil adalah wasir. Hal ini karena perubahan hormonal mengurangi kemampuan pencernaan ibu hamil sehingga menyebabkan sembelit. Tidak mau mengalami sembelit atau wasir?

Masalah wasir ini sebenarnya bisa dicegah. Anda hanya perlu memperhatikan pola makan yang baik untuk pencernaan. Dengan demikian pencernaan Anda akan tetap sehat meskipun ada perubahan hormonal dalam tubuh.

Berikut cara mencegah wasir saat hamil:

1. Banyak minum air

Air merupakan bahan alami yang baik untuk memperbaiki sistem pencernaan. Air mineral ini juga berfungsi untuk menghindarkan Anda dari konstipasi dan sembelit. Karenanya Anda harus mencukupi asupan air Anda selama hamil.

2. Makanan berserat

Anda sebaiknya konsumsi makanan yang kaya serat. Hal ini karena serat ampuh untuk memperbaiki sistem pencernaan tubuh sehingga Anda akan terhindari dari wasir. Makanan yang mangandung banyak serat antara lain, biji-bijian, sayuran, dan juga buah-buahan.

3. Perbanyak aktivitas fisik

Selama hamil, Anda sebaiknya tetap melakukan olahraga ringan seperti jogging atau sekedar jalan santai. Kurangnya aktivitas fisik selama hamil hanya akan membuat pencernaan Anda cenderung melambat dan pada akhirnya menyebabkan wasir. Ayo perbanyak gerak!!

Senam yoga ibu hamil - Ist

Senam yoga ibu hamil – Ist

4. Lakukan yoga

Tidak hanya bermanfaat untuk melenturkan otot agar mempermudah proses melahirkan. Aktivitas yoga ternyata juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Namun, Anda tetap harus berhati-hati agar gerakan yoga tidak membahayakan janin Anda. Lebih baik minta bantuan instruktur yoga agar lebih aman.

5. Periksa ke dokter

Jika telanjur terkena wasir, sebaiknya Anda segera hubungi dokter untuk diperiksa. Jangan sembarangan minum obat karena bisa membahayakan janin Anda. Lebih baik langsung konsultasikan ke dokter agar mendapat obat yang aman untuk Anda dan janin.

Wasir akan membuat Anda merasa tidak nyaman dalam beraktivitas. Karenanya hindari hal-hal yang mampu menyebabkan wasir agar massa kehamilan Anda tidak terganggu. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini