Roy Suryo Ditipu Penjual Sepeda di OLX

by
September 3rd, 2014 at 11:06 am

Indramayu (CiriCara.com) – Aksi penipuan melalui situs jual beli online kian marak terjadi di Indonesia. Bahkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo yang juga pakar telematika pun ikut jadi korban penipuan online tersebut. Seperti apa modus pelaku?

roy suryo

Roy Suryo – Ist/Tempo

Roy Suryo awalnya tertarik dan ingin membeli sebuah sepeda fixie yang terpasang di salah satu iklan di situs OLX.co.id. Pelaku (yang ngakunya penjual) membanderol harga sebesar Rp 1 juta untuk sepeda fixie tersebut.

Setelah melakukan komunikasi, Roy pun akhirnya mengirimkan uang sebanyak satu juta rupiah seperti yang diminta pelaku. Namun setelah uang dikirim, ternyata sepeda pesanan Roy tak kunjung datang karena tidak dikirim oleh pelaku.

Sadar telah ditipu, Roy pun langsung menghubungi pihak yang berwajib. Tidak mudah memang untuk melacak pelaku penipuan online. Dikenal sebagai pakar telematika, Roy pun memanfaatkan petunjuk IT untuk melacak pelaku dan akhirnya berhasil.

“Tweeps, Alhamdulillah dengan Petunjuk IT yg tepat (CDRI dsb) Polres Indramayu berhasil menangkap Gembong Penipu Online di OLX,” kata Roy melalui akun Twitternya, Selasa (2/9/2014) kemarin.

Roy pun bersyukur penipu tersebut berhasil ditangkap. Pasalnya, Roy tidak ingin ada masyarakat lain yang ikut tertipu oleh penjual palsu tersebut. “Publik selamat,” ujar Roy yang menjadi Menpora menggantikan Andi Mallarangeng ini.

Sementara itu, Kapolres Indramayu Wahyu Bintono mengatakan bahwa pelaku penipuan diketahui bernama Absori alias Gemblo bin Abdul Khanan. Pelaku ditangkap di rumahnya di Desa Sumur Adem Timur, Blok Janaka, Kecamatan Sukra, Indramayu.

Dari hasil penyidikan diketahui bahwa pelaku baru berusia antara 15-16 tahun. Meskipun demikian, Gemblo sudah cukup lihai menipu di dunia maya dan berhasil menipu sejumlah orang. “Tersangka sudah kita amankan,” kata Wahyu.

Kasus penipuan ini kembali mengingatkan kita untuk lebih waspada dalam melakukan transaksi jual beli online. Orang sekelas Menpora Roy Suryo saja bisa tertipu, apalagi orang biasa.

Jangan sampai Anda tertipu oleh penjual online palsu!! (YG)

Comment di sini