Sadar dari Koma, Pemuda Ini Fasih Berbahasa Mandarin

by
September 4th, 2014 at 3:17 pm

Melbourne (CiriCara.com) – Dua tahun lalu, pemuda asal Australia Ben McMahon mengalami kecelakaan mobil yang hampir merenggut nyawanya. Setelah dua minggu dalam kondisi koma, Ben pun akhirnya bisa kembali sadar.

ben mcmahon bahasa mandarin

Ben McMahon – Ist

Seperti diberitakan Daily Mail, Kamis (4/9/2014), ketika bangun dari koma, Ben tiba-tiba fasih berbahasa mandarin dan lupa dengan bahasa Inggrisnya. Kejadian ajaib ini sempat membuat pihak rumah sakit yang menangani Ben bingung.

Ben ingat betul bagaimana ketika dirinya tersadar dari koma dan melihat seorang perawat berwajah Asia berdiri di samping tempat tidurnya. Sejak saat itu, Ben berkata dengan bahasa Mandarin yang begitu saja ia kuasai.

“Maaf suster, saya merasakan sakit di bagian sini,” kata Ben dalam bahasa Mandarin kepada perawat itu. Ben juga sempat menuliskan kalimat “Aku sayang ibu dan ayah, aku akan segera sembuh” dengan bahasa Mandarin saat dirinya masih di rumah sakit.

Sang ayah, Mark mengaku sempat ikut bingung saat mendapat telepon dari rumah sakit. Betapa terkejutnya saat Mark tahu bahwa anaknya tiba-tiba bisa bahasa Mandarin setelah tersadar dari koma-nya.

“Oh Mark, aku meneleponmu dan memberitahu bahwa Ben sudah sadar dari koma. Aku tidak tahu bagaimana harus mengatakan ini, Ben berbicara bahasa Mandarin,” cerita Mark menirukan perkataan pihak rumah sakit saat meneleponnya.

Karena sempat lupa dengan bahasa Inggris, Ben pun selalu berbicara dengan bahasa Mandarin. Menurut Mark, dirinya hanya bisa mengangguk saja saat Ben berbicara dengan bahasa Mandarin yang tidak dimengerti olehnya.

mcmahon

Ist/Facebook

“Tak ada satupun dari kami yang bisa berbahasa Mandarin, jadi kami hanya mengangguk,” kata Mark.

Menurut Mark, Ben memang pernah mengikuti kelas bahasa Mandarin ketika di sekolah. Namun, kemampuan bahasa Mandarin Ben tidak pernah fasih. Mark mengaku sempat khawatir dengan kondisi Ben saat itu.

Sementara itu, Ben menjelaskan bahwa dirinya sama sekali tidak tahu kenapa bisa fasih berbahasa Mandarin. “Itu keluar begitu saja dan begitu alami bagi saya,” jelas Ben saat ditanya soal kemampuan barunya itu.

Dengan kemampuan barunya itu, Ben akhirnya bekerja sebagai pemandu tur turis China di Austalia dan juga menjadi pemandu sebuah program televisi berbahasa Mandarin. Kini pemuda berusia 22 tahun itu telah pindah ke Shanghai untuk melanjutkan perguruan tingginya.

(YG)

Comment di sini