Tips Mendapatkan Perut Rata Idaman

by
September 5th, 2014 at 9:12 am

CiriCara.com – Siapa yang tidak mengidam-idamkan badan langsing dengan perut rata? Sebagian besar orang mengalami kendala dalam mengecilkan lingkar perut mereka. Bukan hanya mereka yang gemuk, beberapa orang dengan tubuh kurus juga bisa memiliki perut yang buncit. Hal ini tentunya akan mengurangi rasa percaya diri seseorang dalam berpakaian dan berpenampilan.

perut rata

Cara agar prut jadi rata – Ist

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui penyebab perut buncit. Biasanya kendala penumpukkan lemak pada bagian perut ini banyak terjadi pada orang yang kurang bergerak. Seperti pekerjaan yang menuntut untuk duduk di depan komputer seharian, kurangnya olahraga, dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak.

Kebanyakan masalah ini banyak terjadi pada orang yang telah bekerja, serta orang kantoran. Biasanya, anak usia sekolah lebih banyak menghabiskan hari mereka dengan berbagai kegiatan di sekolah maupun di luar sekolah, kegiatan olahraga di jam pelajaran, ekstrakulikuler, dan lainnya, membuat anak usia sekolah banyak bergerak dan jarang mengalami kendala ini.

Lain halnya dengan para pekerja yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bekerja, dan duduk, tanpa melakukan banyak gerakan. Belum lagi waktu yang padat yang membuat mereka kesulitan mendapatkan waktu untuk berolahraga.

Berbagai cara dilakukan orang demi mengurangi lingkar perut mereka. Tetapi hal tersebut bukanlah hal yang mudah. Banyak yang menganggap cara paling efektif untuk mengecilkan perut adalah dengan cara sit up. Hal ini ada benarnya tetapi tidak 100% benar. Mengapa?

Sit up tidak membakar lemak sebanyak yang kamu bayangkan. Yang dilakukan sit up maupun crunch adalah membentuk otot perut. Nantinya otot inilah yang melakukan pembakaran lemak di bagian perut. Tapi, jangan salah, ketika otot terbentuk, yang terjadi adalah bagian perut kita akan terlihat semakin besar, karena adanya lemak yang sedari tadi menumpuk di sana, serta otot yang baru terbentuk.

Melakukan sit up atau cruch akan sangat memebantu, karena dengan terbentuknya otot, maka bentuk tubuh akan lebih indah, dan mempercepat pembakaran lemak. Tapi bukan berhenti pada sit up dan cruch saja. Untuk mengecilkan perut, perlu dilakukan cardio. Jogging, bersepeda, berlari, skipping, dan jenis cardio lainnya yang banyak menggerakkan pinggang.

Pada umumnya, olahraga cardio-lah yang membuat pembakaran lemak paling besar dalam tubuh. Yang perlu diingat dari cardio adalah 15 menit pertama merupakan warming up, peningkatan heart rate dan pembakaran energi dari gula. Pembakaran lemak sebenarnya terjadi setelah melakukan cardio ringan seperti jogging di menit ke-15 dan seterusnya.

mengecilkan perut yang buncitPada dasarnya, untuk mengecilkan perut, yang harus dilakukan adalah, banyak menggerakkan bagian perut atau pinggang, entah berolahraga cardio, atau melakukan gerakan-gerakan kecil seperti memutar tubuh ke kiri dan ke kanan.

Mungkin hasilnya tidak akan terlihat secara langsung. Namun jika dilakukan secara rutin dan terus menerus, maka perlahan, lingkar pinggang akan berkurang. Yang perlu diingat adalah, tidak ada jalan pintas untuk mengecilkan perut. Hasil yang didapat dengan singkat maka efeknya akan dengan mudah menghilang dalam waktu singkat.

Yang perlu dilakukan adalah dengan mengubah pola hidup, banyak minum air putih, kurangi makanan-makanan berlemak, kurangi asupan garam dan gula, dan berolahraga, atau setidaknya lakukan olahraga ringan secara rutin malam hari sebelum tidur. Jangan pernah menyerah karena segala usaha yang dilakukan akan membuahkan hasil. Selalu ingat bahwa setiap kalori yang terbuang adalah kalori yang terbuang, tandanya kamu satu langkah lebih dekat dari bentuk tubuh yang kamu idamkan.

Comment di sini