Tips Sukses Wawancara Kerja

by
September 5th, 2014 at 10:53 am

CiriCara.com – Proses wawancara kerja atau yang sering kita sebut sebagai interview, merupakan tahapan penting ketika kita melamar suatu pekerjaan. Hal ini bisa menjadi proses yang paling ditakuti oleh para pelamar kerja. Biasanya para pelamar gagal dalam tahapan ini karena terlalu gugup sehingga tidak dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pewawancara. Sayang sekali apabila tahapan yang telah pelamar rintis mulai dari seleksi administrasi dan psikotest harus berhenti karena pelamar gagal melewati tahapan wawancara. Dalam artikel ini akan dibahas “Tips Sukses Wawancara Kerja” dengan harapan, Anda para pelamar dapat lulus dalam proses wawancara kerja (HRD maupun Direksi).

ilustrasi interview kerja

Wawancara Kerja – Ist

Berikut adalah tips sukses wawancara kerja :

1. Datang Lebih Awal

Datanglah setengah jam hingga satu jam sebelum jadwal wawancara yang sudah diberikan. Dengan datang lebih awal Anda akan merasa lebih tenang. Selain itu, Anda juga dapat merapikan penampilan Anda terlebih dahulu. Pastikan Anda mengetahui letak perusahaan tempat Anda diwawancarai hari sebelumnya sehingga pada hari-H wawancara, Anda tidak harus bingung mencari-cari alamatnya. Apabila pada hari yang dijadwalkan Anda tiba-tiba tidak dapat hadir, pastikan Anda untuk menghubungi sehari sebelumnya untuk memberikan kabar dan mengajukan permohonan ganti hari.

2. Berpenampilan yang Sesuai

Sesuaikan penampilan Anda dengan jabatan yang dilamar. Usahakan untuk tampil rapi dan dinamis, jangan terlihat berlebihan dan ribet. Apabila Anda mendaftar sebagai executive di perusahaan, kenakanlah pakaian formal yang sesuai seperti kemeja dan blazer dengan warna-warna netral. Apabila Anda bekerja di bidang seni atau sejenisnya, Anda bisa mengenakan pakaian yang lebih kasual namun tetap rapi dan menarik lainnya.

3. Ceritakan Diri Anda

Ini adalah pertanyaan umum yang sering ditanyakan oleh para pewawancara. Apabila Anda mendapatkan pertanyaan ini, jawablah dengan tenang dan jelas. Ceritakanlah mengenai latar belakang pendidikan Anda, pengalaman kerja, dan hobi Anda. Ceritakan poin penting dalam diri Anda, yang dapat menjadi pertimbangan bagi pewawancara untuk merekrut Anda dalam bagian perusahaan. Tidak perlu bertele-tele, namun pastikan Anda menjawabnya dengan tegas dan meyakinkan.

4. Siapkan Visi dan Misi

Siapkan visi dan misi diri ke depan. Letakkan perusahaan tempat Anda diwawancarai menjadi step utama untuk meraih mimpi Anda ke depan. Anda harus mempunyai target yang jelas. Apabila bisa memberikan visi yang baik dan jelas, perusahaan akan dengan senang hati menerima Anda.

5. Jawaban Tentang Gaji

Bagi Anda para fresh graduate dan belum memiliki pengalaman kerja, mungkin Anda belum bisa meminta taraf gaji sesuai dengan keinginan Anda. Namun Anda harus yakin, bahwa gaji akan berbanding lurus dengan hasil kerja Anda. Apabila Anda bisa memberikan kontribusi yang baik, tentu gaji akan bertambah sesuai dengan prestasi Anda. Namun Anda tetap dapat menentukan gaji minimal Anda. Bagi Anda yang sudah memiliki pengalaman kerja, Anda dapat menentukan kisaran gaji yang Anda inginkan. Usahakan untuk tidak menyebut angka yang spesifik. Misalkan 4-8 juta rupiah.

negosiasi gaji saat wawancara6. Bahasa Tubuh

Hal ini adalah hal yang paling sering dilupakan oleh para pelamar. Karena terlalu gugup biasanya para pelamar akan lupa bagaimana bersikap yang baik dan sesuai saat menghadapi wawancara. Usahakan saat memasuki ruang wawancara, sapalah pewawancara dan ulurkan tangan Anda pada mereka. Hal itu akan member kesan Anda bersahabat dan ramah pada orang lain. Duduklah dengan tegak dan sopan. Letakkan tangan dipangkuan Anda atau di atas meja. Pastikan pandangan mata Anda tertuju pada pewawancara dan jangan lupa tersenyum.  Apabila merasa gugup ambilah nafas terlebih dahulu sebelum bicara, jangan mengetuk-ngetukkan tangan Anda ke meja atau menggoyang-goyangkan kaki Anda. Hal itu bisa menjadi poin negatif bagi Anda.

Demikian tips sukses wawancara kerja. Semoga Anda bisa melewati proses wawancara dengan baik sehingga mendapatkan pekerjaan impian Anda. Selamat mencoba!

Comment di sini