Cara Menjaga Kesehatan Usus

by
September 8th, 2014 at 11:15 am

CiriCara.com – Usus merupakan bagian dari sistem pencernaan tubuh yang harus dijaga kesehatannya. Jika usus tidak sehat, maka proses pencernaan dalam tubuh Anda jadi tidak lancar hingga akhirnya bisa memicu sejumlah penyakit.

kesehatan usus

Terkena usus buntu – Ist

Salah satu penyakit yang umum terjadi pada usus adalah usus buntu. Tidak hanya usus buntu, usus juga bisa terserang penyakit kanker yang bisa membuat si penderitanya jadi mengalami mual setiap kali makan atau minum.

Tidak mau mengalami masalah kesehatan di usus? Karenanya Anda harus menjaga kesehatan usus mulai dari sekarang. Berikut ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan usus yang perlu Anda perhatikan:

1. Makan porsi kecil

Makan dengan porsi besar sekaligus hanya akan membuat usus bekerja dengan keras dan berpotensi mengalami masalah kesehatan. Untuk mencegahnya, sebaiknya Anda makan dalam porsi kecil namun sering. Hal ini menjaga agar sirkulasi makanan tetap lancar. Jangan lupa juga untuk minum air.

2. Makanan kaya serat

Untuk menjaga kesehatan usus, sebaiknya Anda konsumsi banyak makanan yang kaya serat. Pilih makanan yang segar dan bebas dari zat pengawet. Makanan segar dan berserat ini akan sangat membantu agar kinerja usus bisa tetap lancar.

3. Hindari konsumsi gula

Meskipun rasanya manis, Anda sebaiknya menghindari gula. Makanan/minuman yang mengandung banyak gula akan membuat produksi asam di lambung jadi meningkat. Ditambah lagi, gula juga bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri jahat di dalam usus.

makanan yang sehat

Makanan rendah kalori – Ist

4. Konsumsi makanan probiotik

Bakteri probiotik bermanfaat untuk meningkatkan produksi bakteri baik di dalam usus. Itu artinya, menkonsumsi makanan/minuman yang mengandung bakteri probiotik bisa membantu menjaga kesehatan usus Anda.

5. Istirahat yang cukup

Anda sebaiknya istirahat yang cukup dengan tidur minimal 8 jam per hari. Hal ini bermanfaat untuk mengatur hormon dalam usus yang bisa berfungsi mengontrol rasa lapar dan kenyang. Istirahat yang cukup juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan usus.

Selain cara di atas, Anda juga sebaiknya mengurangi pikiran stres karena bisa mengganggu syaraf di usus. Hindari juga makanan jahat serta rokok karena makanan ini mengandung racun yang bisa mengotori usus Anda.

(YG)

Comment di sini