Cara Agar Anak Tidak Jadi Korban Pengasuh

by
September 9th, 2014 at 11:00 am

CiriCara.com – Kasus pengasuh yang melakukan tindakan kekerasan terhadap anak majikan makin marak terjadi belakangan ini. Bahkan, ada juga pengasuh yang berani menyewakan anak majikkannya kepada pengemis saat orangtuanya sibuk bekerja.

pengasuh anak

Khawatir memilih pengasuh – Ist

Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Budiharjo tidak menampik adanya pengasuh “nakal”. Pasalnya, pelaku-pelaku 3in1 juga sering membawa bayi atau anak yang ternyata disewa dari orang lain.

“Pelaku 3in1 tak jarang membawa anak yang disewanya dari pihak lain seharga Rp 150 ribu sampai Rp 300 ribu,” ujar Budiharjo.

Meskipun praktik nakal tersebut masih hanya berupa sewa-menyewa, tindakan tersebut tetap masuk dalam kategori trafficking. Menurut Budiharjo, pihaknya akan bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk mencegah trafficking tersebut.

Selain kerja aparat setempat, para orangtua pun diminta untuk lebih teliti lagi dalam memilih pengasuh. Tidak ingin anak Anda jadi korban pengasuh? Berikut cara mencegahnya:

1. Jika bekerja, orangtua sebaiknya percayakan anak kepada keluarga terdekat seperti mertua, kakak, atau adik. Mempercayakan anak ke keluarga akan lebih aman daripada Anda menyewa pengasuh dari luar.

2. Jika terpaksa menggunakan jasa pengasuh, minta rekomendasi dari saudara atau teman untuk mencari pengasuh yang dapat dipercaya.

3. Jika tidak ada rekomendasi, datangi yayasan yang dipercaya dan punya track record baik.

4. Lakukan wawancara yang mendalam hingga identitas keluarga pengasuh.

5. Lihat cara pengasuh memperlakukan anak. Apakah dia termasuk orang yang penyabar atau justru emosian. Dan gunakan intuisi Anda sebagai orangtua dalam memilih pengasuh.

6. Jika masih kurang yakin, Anda bisa pasang CCTV untuk memantau perilaku pengasuh yang Anda pilih. Pasang CCTV di tempat tersembunyi namun strategis di rumah Anda.

Ada baiknya jika Anda mengasuh anak sendiri, jangan menggunakan jasa pengasuh. Selain jauh lebih aman, mengasuh anak sendiri juga bisa mempererat hubungan Anda dengan sang buah hati tercinta. Tapi jika terpaksa harus menggunakan jasa pengasuh, pilih pengasuh yang dapat dipercaya.

(YG)

Comment di sini