Cara Aman Pakai Media Sosial Agar Tak Dibully

by
September 9th, 2014 at 9:35 am

CiriCara.comKasus Florence Sihombing yang dibully di media sosial karena menghina Yogyakarta bisa menjadi pelajaran untuk lebih berhati-hati lagi saat bermedia sosial. Karena jika tidak, bisa saja Anda juga akan dibully atau bahkan dilaporkan ke polisi.

sosial media

Media Sosial – Ist

Seperti diketahui, Florence sempat ditahan polisi karena telah memposting status menghina Yogyakarta di media sosial, Path. Bahkan, sejumlah warga Yogyakarta yang kesal dengan ulah Florence itu pun mendesak agar mahasiswi UGM ini diusir dari Yogya.

Belajar dari kasus Florence tersebut, Anda tentunya bisa tahu bahwa media sosial tidak boleh dipakai sembarangan. Karena tidak hanya dibully, Anda pun bisa terjerat masalah hukum karena media sosial.

Berikut cara aman pakai media sosial agar tidak dibully:

1. Patuhi etika bermedia sosial

Meskipun tidak secara tertulis, sebenarnya media sosial juga punya etika-etika yang harus dipatuhi. Misalnya, tidak boleh menghina orang lain, menuliskan kata-kata kasar kepada orang lain, dan bahkan menyinggung perasaan pengguna media sosial lainnya.

2. Jauhi media sosial saat marah

Seringkali karena emosi, Anda jadi lupa dengan etika bermedia sosial. Akibatnya muncullah status dengan kata-kata kasar, menghina, dan bahkan menghina orang yang telah membuat Anda merasa marah. Dan jika orang tersebut melihat, Anda bisa dilaporkan ke polisi.

Jadi, sebaiknya jauhi media sosial saat Anda marah. Jika ingin curhat mengenai hal yang membuat Anda marah, lebih baik curhat ke saudara atau teman yang tentunya bisa menjaga rahasia agar lebih aman.

Kencan Online3. Berpikir sebelum menulis

Pikirkan dahulu apakah status yang kamu buat ini akan menyinggung pengguna media sosial lain atau tidak. Jika dinilai rawan dan bisa menyinggung orang lain, lebih baik urungkan niat Anda untuk bermedia sosial. Ingat! Di media sosial ini ada banyak orang yang bisa melihat status yang Anda buat, jadi berhati-hatilah.

4. Jangan ragu minta maaf

Jika ada pengguna media sosial lain yang merasa tersinggung, Anda jangan ragu untuk minta maaf. Segera hapus status/foto/postingan yang telah menyinggung orang lain tersebut agar tidak jadi masalah yang lebih serius.

Tidak hanya di dunia nyata, di dunia maya pun Anda dituntut untuk berperilaku sopan dan tidak menghina pengguna media sosial lainnya. Selalu gunakan media sosial Anda dengan cerdas. Semoga bermanfaat!!

(YG)

Comment di sini