Cara Agar Anak Tidak Berkata Jorok

by
September 10th, 2014 at 2:22 pm

CiriCara.com – Sebagai orangtua, Anda tentunya mengajarkan anak untuk menjaga perilaku baik saat bersosialisasi dengan orang lain. Tidak hanya perilaku, perkataan atau ucapan si anak pun harus diperhatikan para orangtua. Jangan sampai anak Anda berkata jorok.

anak-anak

Anak suka berbohong – Ist

Mungkin Anda merasa selalu mengajarkan dan mencontohkan kata-kata yang baik terhadap anak saat di rumah. Namun entah kenapa anak Anda tiba-tiba saja mengucapkan kata-kata jorok saat dia marah kepada Anda. Kenapa bisa begitu?

Anak berkata jorok mungkin karena faktor lingkungan dan juga teman-temannya. Tontonan di TV pun bisa jadi contoh yang tidak baik untuk anak. Bisa saja dia mengucapkan kata-kata jorok karena meniru adegan di TV dan menganggapnya sebagai hal yang biasa.

Nah supaya tidak menjadi kebiasaan, berikut ada beberapa cara agar anak Anda tidak berkata jorok lagi:

1. Baik dan tidak baik

Saat mendengar anak berkata jorok atau kasar, orangtua seharusnya memberi penjelasan kepada anak bahwa kata-kata jorok tersebut tidak baik/tidak boleh diucapkan. Anda jangan langsung marah, karena bisa jadi anak Anda tidak tahu dan hanya ikut-ikutan teman.

2. Lingkungan yang baik

Anak-anak sangat mudah menyerap apa yang dia dengar. Karenanya sangat penting untuk menjaga anak dari pengaruh buruk. Tempatkan anak Anda di lingkungan yang baik, teman yang baik, dan juga tontonan yang baik pula.

3. Sedikit keras

Jika anak tetap berkata jorok meski sudah diberi penjelasan? Anda bisa sedikit keras untuk memperingatinya. Anda bisa menghukumnya, seperti tidak boleh bermain atau tidak boleh menonton TV. Hukuman seperti ini bisa membuat dia kapok dan tidak berkata jorok lagi.

cara atasi anak nakal

Mendidik anak – Ist

4. Hindari gosip

Buat para ibu-ibu yang suka bergosip, hati-hati jangan sampai anak Anda mendengar semua pembicaraan orang dewasa ini. Hal ini tentu akan jadi contoh yang tidak baik buat anak Anda. Jika ingin bergosip dengan tetangga, pastikan anak Anda tidak mendengarnya.

5. Beri contoh yang baik

Dan yang terpenting adalah lingkungan keluarga harus memberikan contoh yang baik kepada anak. Perhatikan tutur kata Anda maupun suami saat berkumpul bersama anak. Jangan sampai Anda atau suami keceplosan saat bertengkar. Itulah sebabnya suami-istri dilarang bertengkar di depan anak.

Akan sangat tidak pantas jika kata-kata jorok/kasar keluar dari mulut anak Anda. Selain tidak sopan, hal ini tentu akan membuat Anda malu sebagai orangtua. Karenanya, selalu perhatikan tutur kata anak-anak Anda!

(YG)

Comment di sini