Ciri-ciri Tubuh Anda Kekurangan Gizi

by
September 11th, 2014 at 9:05 am

CiriCara.com – Tubuh manusia membutuhkan asupan gizi yang cukup agar tetap sehat. Asupan gizi ini bisa didapatkan dari makanan atau minuman yang biasa dikonsumsi setiap hari. Karenanya, Anda diharuskan memilih makanan/minuman yang baik untuk tubuh.

wanita kurang gizi

Kekurangan gizi – Ist

Kebanyakan orang mengira bahwa orang yang kekurangan gizi adalah orang yang bertubuh kurus. Namun nyatanya tidak demikian, pasalnya orang yang memiliki tubuh gemuk pun bisa mengalami kekurangan gizi.

Banyak sedikitnya asupan gizi pada tubuh itu tidak bisa diukur dari kurus atau gemuk tubuh. Tapi, dilihat dari seberapa sehat tubuh orang tersebut. Nah, bagi Anda yang ingin tahu tubuh yang kekurangan gizi, berikut ada ciri-cirinya, seperti dikutip dari Merdeka.com:

1. Tulang lemah

Tubuh yang kekurangan gizi atau nutrisi itu ditandai dengan tulang lemah. Dalam beberapa kasus, tulang lemah ini bisa menyebabkan pelunakan tulang pada anak-anak (rakhitis) dan pelunakan tulang pada orang dewasa (osteomalacia). Hal ini menandakan bahwa tubuh kekurangan vitamin A, C, D, K, kromium, Zinc, magnesium, dan molibdenum.

2. Sering kram

Apakah Anda sering mengalami kram? Jika iya, ini ciri tubuh Anda kekurangan gizi. Sering kram yang disertai rasa sesak dan kejang di otot ini menandakan tubuh kekurangan nutrisi seperti magnesium, kalsium, dan kalium. Nutrisi-nutrisi tersebut memang berguna untuk meningkatkan perkembangan otot, sehingga jika kurang, maka otot jadi tidak sehat.

3. Rambut rontok

Masalah rambut rontok atau rapuh bisa disebabkan karena beberapa faktor. Namun, rambut rontok ini juga bisa menjadi ciri tubuh Anda kekurangan gizi. Ini bisa jadi karena tubuh Anda kekurangan asupan vitamin B5, B6, B12, dan biotin atau klorin.

4. Sering sakit

Tubuh yang mudah terserang penyakit menandakan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Ini ciri dari tubuh yang kekurangan gizi. Sistem kekebalan tubuh jadi lemah bisa disebabkan karena kekurangan vitamin A, C, D, E, kromium, selenium, magnesium, dan seng. Seperti diketahui, sistem kekebalan tubuh ini berguna untuk menangkal penyakit dari dalam tubuh.

kram perut

Sakit perut – Ist

5. Kulit tidak sehat

Masalah kulit, seperti gatal-gatal, iritasi, dll bisa menjadi ciri tubuh Anda kekurangan gizi. Masalah kulit tidak sehat ini bisa disebabkan karena tubuh kekurangan asupan vitamin A, B3, biotin, B8, C, E, asam lemak, omega 3, tembaga, selenium, dan seng.

6. Gangguan pencernaan

Masalah pencernaan seperti sembelit, kembung atau diare juga bisa menjadi ciri tubuh kekurangan gizi. Masalah tersebut bisa muncul karena Anda menkonsumsi makanan yang tidak sehat. Bisa jadi, asupan vitamin B11, B8, B12, C, D, E, K, selenium, magnesium, atau seng, dalam tubuh Anda masih kurang.

Untuk mencukupi gizi dalam tubuh, Anda disarankan untuk menkonsumsi makanan yang sehat dan alami. Kandungan gizi atau nutrisi yang baik untuk tubuh bisa didapat dari sayuran, daging, ikan, dan juga buah-buahan. Ayo cukupi kebutuhan gizi tubuh kita!

(YG)

Comment di sini