Fadli Zon Tantang Jokowi Pakai Mobil Esemka

by
September 11th, 2014 at 9:45 am

Jakarta (CiriCara.com) – Presiden terpilih Joko Widodo alias Jokowi akhirnya memutuskan untuk tidak membeli mobil baru buat kendaraan dinas para menterinya nanti. Agar lebih hemat, Jokowi tetap meminta para menterinya untuk pakai mobil dinas yang lama.

fadli zon gerindra

Fadli Zon – Ist/Kompas.com

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Partai Gerindra Fadli Zon menilai keputusan Jokowi itu masih nanggung. Fadli pun menyarankan Jokowi untuk menggunakan mobil Esemka sebagai mobil dinas di pemerintahannya mendatang.

Sebagusnya pemerintah yang datang pakai mobil Esemka aja. Masih ada enggak tuh mobil Esemka,” kata Fadli usai acara silaturahmi Koalisi Merah Putih di kediaman Akbar Tandjung, Jakarta, seperti dikutip dari Merdeka.com, Rabu (10/9/2014) kemarin.

Dengan memakai mobil Esemka, kata Fadli, baru lah pemerintahan Jokowi-JK bisa dikatakan konsisten dalam mengusung jargon pemimpin yang sederhana dan merakyat. Apalagi, mobil Esemka ini juga merupakan produk dalam negeri, yakni buatan anak-anak SMK.

“Kalau mobil Esemka baru itu konsisten,” ujar Fadli.

Seperti diberitakan sebelumnya, produsen mobil ternama Mercedes-Benz memenangkan tender pengadaan mobil dinas untuk para menteri di massa pemerintahan Jokowi-JK. Dipilihnya mobil mercy karena dinilai paling murah dibanding mobil lainnya.

PT Mercedes-Benz Indonesia (Mercy) memenangkan lelang umum tender pengadaan mobil menteri/pejabat setingkat menteri, mantan presiden, dan mantan wakil presiden senilai Rp 91,94 miliar. Nilai tender ini lebih rendah dari pagu anggaran senilai Rp 104,4 miliar dan nilai HPS sebesar Rp 101,1 miliar.

Namun meskipun demikian, kabarnya pihak Jokowi-JK menolak mobil Mercy untuk jadi kendaraan dinasnya. Pasalnya, Jokowi berencana untuk menggunakan mobil dinas yang lama untuk para menteri dan pejabat di massa pemerintahannya mendatang.

(YG)

Comment di sini