Badai Matahari Diprediksi Sampai ke Bumi Hari Sabtu

by
September 12th, 2014 at 10:56 am

Washington (CiriCara.com) – Matahari kembali berkecamuk dan melepaskan sebuah kilatan solar flare (suar) pada Rabu (10/9/2014) pukul 1.45 EDT atau 00.45 WIB Kamis (11/9/2014), kemarin. Lalu kapan fenomena yang biasa disebut badai matahari ini sampai ke bumi?

badai matahari

Badai matahari – Ist

Seperti dilansir CNN, Jumat (12/9/2014), para ahli di Pusat Prakiraan Cuaca Luar Angkasa mengenai pengamatan badai geomagnetik, memprediksikan bahwa badai matahari tersebut akan sampai di bumi pada hari Sabtu, 13 September 2014.

Matahari diketahui telah melepaskan 2 letusan dalam dua hari terakhir, dan kedua letusan tersebut berkaitan dengan badai matahari. Menurut Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) badai kedua itu masuk dalam kategori kelas X1.6 atau termasuk badai yang paling kuat.

Para ahli pun menyebutkan bahwa energi dari kedua letusan tersebut sedang mengarah ke bumi. Namun, belum diketahui secara pasti, apakah badai matahari tersebut akan berdampak buruk pada bumi atau tidak. Para ahli mengaku masih belum tahu.

“Badai matahari ini sangat kuat dan kami tidak begitu tahu (dampaknya) sampai badainya tiba di sini (bumi),” ujar seorang meteorologi CNN, Chad Myers, seperti dikutip dari detik.com, Jumat (12/9/2014).

Meskipun demikian, para penduduk bumi diminta untuk tidak perlu khawatir. Pasalnya, atmosfer yang melapisi bumi biasanya mampu melindungi manusia dari bahaya badai matahari tersebut.

“Orang-orang di permukaan bumi sungguh tak perlu khawatir,” ujar Lika Guhathakurta, seorang ilmuwan NASA di Solar Dynamics Observatory.

Badai matahari yang tengah menuju ke bumi tersebut diperkirakan hanya akan mengakibatkan gangguan radiasi. Hal ini bisa mengakibatkan gangguan pada sistem GPS, komunikasi radio di penerbangan, dan juga merusak aliran listrik di bumi.

Seperti dikutip dari detik.com, pada dasarnya matahari merupakan bola gas raksasa yang terdiri dari 92,1 % hidrogen dan 7,8 % helium. Sesekali, matahari melontarkan letusan besar radiasi yang disebut semburan massa koronal.

(YG)

Comment di sini