Muncul Asap Bentuk Cincin di Atas Gunung Slamet

by
September 12th, 2014 at 8:52 am

Pemalang (CiriCara.com) – Aktivitas Gunung Slamet di Jawa Tengah diketahui tengah mengalami peningkatan. Pemantauan terhadap gunung berapi tertinggi di Jawa Tengah ini pun semakin intens dilakukan oleh petugas.

gunung slamet

Kepulan asap cincin di Gunung Slamet – Ist/Facebook Leo Kennedy Adam

Sementara itu, di tengah-tengah pemantauan muncul fenomena unik awan atau asap yang berbentuk cincin di atas puncak Gunung Slamet. Fenomena unik ini terjadi pada hari Kamis (11/9/2014) sekitar pukul 12.45 WIB.

Ratusan warga yang berkunjung di Pos Pengamatan Gubung Api Slamet, Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang pun langsung heboh melihat fenomena asap berbentuk cincin tersebut. Beberapa diantara adanya mengabadikan lewat kamera.

“Ini baru kali pertama terjadi,” kata Sukedi, Pengamat pada Pos Pengamatan Gunung Api Slamet.

Sementara itu, warga lain ada yang mengait-ngaitkan fenomena asap tersebut dengan mitos tentang Mbah Bebek. Dimana dalam mitos tersebut dipercaya bahwa Mbah Bebek merupakan penguasa Gunung Slamet.

Angel of duck, seperti malaikat bebek,” kata Suryono, salah satu warga yang ikut menyaksikan fenomena tersebut. Pasalnya, di bawah asap bentuk cincin tersebut terdapat kepulan asap yang menurut Suryono mirip dengan bentuk bebek.

asap gunung slamet

Kepulan asap di Gunung Slamet – Ist/Facebook Leo Kennedy Adam

Meskipun demikian, Sukedi mengaku tidak mengetahui secara pasti penyebab munculnya fenomena asap tersebut. Sukedi hanya membenarkan bahwa aktivitas Gunung Slamet belakangan ini memang tengah mengalami peningkatan.

Sukedi mengatakan bahwa telah terjadi letusan abu vulkanik yang diikuti suara dentuman yang cukup keras dari Gunung Slamet. “Suara dentuman menggetarkan kaca rumah,” tutur Sukedi, seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (12/9/2014).

(YG)

Comment di sini