Cara Belanja Oleh-oleh Usai Ibadah Haji

by
September 15th, 2014 at 9:14 am

CiriCara.com – Sudah menjadi hal yang umum jika para jamaah haji yang berangkat ke Tanah Suci selalu membeli oleh-oleh untuk sanak keluarga di kampung halaman. Mulai dari souvenir khas Arab Saudi ataupun perlengkapan ibadah banyak dijual di sana.

pertokoan di madinah

Pusat penjualan oleh-oleh di Madina – Ist/Kemenag

Sama seperti di Indonesia, para pedagang di sana juga ramah-ramah dan mempunyai cara sendiri untuk menawarkan barang dagangan mereka. Anda bisa memilih sendiri barang atau oleh-oleh apa yang ingin dibawa pulang.

Namun, berbelanja di negeri yang masih asing tentu berbeda dengan berbelanja di negeri sendiri. Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui agar tidak terjebak pada penjual oleh-oleh yang menjual barang dagangannya dengan harga mahal.

Berikut ada beberapa cara belanja oleh-oleh di Tanah Suci yang bisa Anda ikuti:

1. Rupiah atau riyal?

Seperti dilansir Republika.co.id, para pedagang di Tanah suci juga mengakui uang rupiah. Jadi Anda tidak perlu bingung jika kehabisan uang riyal. Anda tetap bisa membeli oleh-oleh dengan uang rupiah. Untuk info, 1 riyal itu sama dengan sekitar Rp 3.164 lebih.

2. Bahasa

Beberapa pedagang di Tanah Suci juga ada yang bisa berkata dengan Bahasa Indonesia, jadi Anda tidak perlu khawatir tidak bisa berbahasa Arab. Biasanya, para pedagang di sana sering menyebut jamaah haji Indonesia dengan sebutan “Ridwan” untuk lelaki dan “Siti Rahmah” untuk wanita.

Jadi Anda tidak perlu kaget saat dipanggil dengan sebutan tersebut. Namun, bagi jamaah ibu-ibu sebaiknya jangan mau dipanggil dengan panggilan “Siti Rahmah”. Hal ini karena panggilan “Siti Rahmah” juga berkonotasi negatif.

3. Menawar harga

Anda jangan ragu untuk menawar harga oleh-oleh agar lebih murah. Hal ini karena hampir semua barang dagangan di sana bisa ditawar. Tapi, jika si pedagang ngotot tidak boleh ditawar, Anda jangan memaksa, sebaiknya pergi dan cari pedagang lainnya.

ibadah haji 20144. Pedagang kaki lima

Untuk mendapatkan oleh-oleh yang murah, Anda bisa berbelanja di pedagang kaki lima yang biasanya ada di dekat pelataran masjid di Madinah. Walau kualitasnya memang berbeda dibanding yang dijual di toko, namun harganya jauh lebih murah.

5. Belanja bersama

Agar lebih aman dan nyaman, Anda bisa pergi belanja bersama dengan jamaah yang lainnya. Bila perlu, Anda minta ditemani petugas haji yang sudah hafal tradisi jual beli di Tanah Suci. Dengan demikian Anda tidak perlu khawatir nyasar ataupun kena tipu.

Itulah beberapa tips atau cara belanja oleh-oleh di Tanah Suci. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini