Cara Menjaga Kesehatan Mata dengan Nutrisi

by
September 15th, 2014 at 11:28 am

CiriCara.com – Mata merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Ya, tanpa mata yang sehat, kita tidak akan bisa melihat dan menikmati pemandangan indah di dunia ini. Karenanya sangat penting bagi kita untuk menjaga agar mata kita tetap sehat.

mata sehat

Cara agar mata tetap sehat – Ist

Saat ini ada banyak faktor yang bisa mengganggu kesehatan mata kita. Diantaranya aktivitas terlalu lama melihat laptop, komputer, sinar matahari, dan juga faktor lainnya. Pancaran cahaya pada layar laptop atau layar komputer terbukti tidak baik untuk kesehatan mata.

Hal itu bisa dicegah dengan cara mengurangi aktivitas di depan laptop/komputer. Namun, apa yang harus dilakukan jika ternyata pekerjaan membuat Anda harus menggunakan laptop? Langsung saja simak cara merawat kesehatan mata berikut ini, seperti dikutip dari Merdeka.com:

1. Vitamin E

Vitamin E merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk kesehatan mata. Diantaranya berfungsi untuk mencegah radiasi bebas merusak jaringan sehat pada mata dan juga mampu melindungi mata dari sinar matahari.

Contoh makanan yang mengandung vitamin E: alpukat, walnut, kubis mini, kale, dan almond.

2. Vitamin C

Selain untuk meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin C juga mengandung antioksidan yang bagus untuk kesehatan mata, pertumbuhan kolagen, menyembuhkan luka, dan mempercepat proses penyembuhan. Vitamin C juga berfungsi untuk melindungi lensa mata dari kerusakan.

Contoh makanan mengandung vitamin C: kale, seledri, blueberry, ubi jalar, dan buah bit.

3. Zat seng

Zat seng ini berfungsi untuk membantu menyerap dan membawa vitamin A ke mata dan memproduksi melanin. Nantinya, melanin ini bermanfaat untuk memberikan warna pada kulit, rambut, dan melindungi mata dari cahaya matahari.

Contoh makanan yang mengandung zat seng: daging sapi, domba, labu, bayam, dan wijen.

mata kedutan

Mata yang tidak sehat – Ist

4. Lutein

Lutein adalah salah satu nutrisi yang berfungsi untuk melindungi mata. Biasanya lutein ini berada di dalam retina. Selain itu, lutein ini juga berguna untuk menghalau kanker dengan cara mencegah sel kanker agar tidak terbentuk dan menyebar.

Contoh makanan yang mengandung lutein: kale, bayam, brokoli, dan jagung.

5. Zeaxanthin

Zeaxhantin ini berguna untuk mencegah penurunan kemampuan penglihatan, meningkatkan kesehatan mata, dan juga mencegah penyakit pada mata. Selain itu, zeaxhantin ini juga berfungsi untuk mencegah cahaya berlebihan masuk ke mata.

Contoh makanan mengandung zeaxhantin: kale, bayam, telur, dan buah-buahan sitrus.

Itulah beberapa nutrisi penting yang baik untuk menjaga kesehatan mata Anda. Ayo cukupi asupan nutrisi-nutrisi tersebut agar kesehatan mata tetap terjaga hingga tua nanti.

(YG)

Comment di sini