Ditolak MK dan PTUN, Kini Prabowo Gugat KPU ke MA

by
September 15th, 2014 at 12:00 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Kubu Prabowo Subianto nampaknya masih belum puas dengan hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) terkait gugatannya soal Pilpres 2014. Pasalnya setelah ditolak MK dan PTUN, kini Prabowo mengadu ke Mahkamah Agung (MA).

prabowo subianto

Prabowo Subianto – Ist

Seperti dilansir dalam situs resmi mahkamahagung.go.id, Senin (15/9/2014), Prabowo sebagai pemohon telah mengajukan gugatan ke MA dengan pihak tergugat adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU). Gugatan ini terdaftar dengan nomor 53 P/HUM/2014.

Dalam situs tersebut juga dijelaskan bahwa Prabowo mengajukan judicial review atas Peraturan KPU. Namun sayang, pihak MK tidak menjelaskan secara rinci peraturan KPU mana yang telah digugat oleh kubu Prabowo tersebut.

Tim kuasa hukum Prabowo diketahui mengajukan gugatan tersebut pada 11 Agustus 2014, lalu. Hingga saat ini pihak MA masih memproses gugatan tersebut. Gugatan tersebut kini dalam proses pemeriksaan oleh Tim C MA.

Sebelumnya, gugatan kubu Prabowo terhadap pihak KPU juga ditolak MK. Pada 21 Agustus 2014, MK memutus KPU tidak terbukti melakukan kecurangan Pilpres 2014 yang masif, sistematis, dan terstruktur, seperti apa yang dituduhkan oleh kubu Prabowo.

Tidak puas dengan hasil gugatannya di MK, kubu Prabowo lalu mengadu ke PTUN Jakarta. Namun pada 28 Agustus 2014, PTUN Jakarta akhirnya memutuskan untuk menolak gugatan itu karena tidak ada wewenangnya.

“Gugatan nyata-nyata tidak termasuk dalam kewenangan absolut pengadilan PTUN,” kata Majelis Hakim Hendro Puspito saat membacakan putusan penolakan gugatan kubu Prabowo Subianto di PTUN.

Kini kubu Prabowo mengadu ke MA untuk menggugat KPU. Apakah gugatan kubu Prabowo ini akan kembali ditolak? Atau justru akan dikabulkan oleh pihak MA? Kita tunggu saja hasil penyelidikan pihak MA.

(YG)

Comment di sini