Cara Agar Berat Badan Tetap Ideal Saat Hamil

by
September 16th, 2014 at 2:46 pm

CiriCara.com – Hampir semua wanita yang hamil selalu mengalami pertambahan berat badan. Sehingga saat massa kehamilan, tubuh jadi terlihat lebih gemuk dibandingkan sebelum hamil. Ada kah cara agar berat badan tetap ideal saat hamil?

berat badan

Berat badan saat hamil – Ist

Meskipun pertambahan berat badan saat hamil adalah hal yang wajar, namun sebagian ibu hamil mengaku merasa risih. Apalagi, penampilan tubuh itu sangat penting bagi wanita. Bahkan, banyak beberapa diantaranya yang rela diet ketat usai melahirkan.

Anda tidak perlu khawatir, dr. R. Bonti Tri H. Shanti, SpOG mempunyai beberapa cara yang bisa dilakukan para ibu hamil untuk menjaga berat badan idealnya. Nah, bagi Anda yang ingin tetap langsing usai hamil, berikut ada beberapa caranya:

1. Porsi makanan

Kebanyakan orang menilai, ibu hamil harus makan dengan porsi untuk dua orang karena sedang berbadan dua. Padahal, menurut dr Bonti, anggapan semacam itu tidak benar. Untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi di dalam kandungan, ibu hamil hanya perlu menambahkan 300 kalori dari kebutuhan kalori wanita dewasa normal, yaitu 1800 kalori.

Itu artinya, asupan kalori pada ibu hamil adalah 300 kalori + 1800 kalori = 2100 kalori. Dengan jumlah makanan yang tepat, maka berat badan ibu hamil pun akan tetap ideal hingga sampai melahirkan nanti.

2. Makanan bernutrisi

Agar kebutuhan nutrisi pada bayi terpenuhi, Anda sebaiknya makan makanan yang bernutrisi dan bergizi. Makanan-makanan ini biasanya akan lebih mudah diolah dan diserap oleh tubuh, jadi Anda tidak perlu khawatir berat badan jadi naik. Jangan hanya menkonsumsi makanan karena rasanya, tapi Anda juga harus memperhatikan kandungan nutrisinya.

Senam yoga ibu hamil - Ist

Senam yoga ibu hamil – Ist

3. Lakukan olahraga

Menurut dr Bonti, jika ibu hamil sudah terbiasa berolahraga sebelumnya, maka tetap lanjutkan olahraganya selama massa kehamilan. Olahraga yang tepat untuk ibu hamil adalah olahraga yang low-impact, seperti berjalan, berenang, atau senam kehamilan.

Selain bisa untuk menjaga berat badan tetap ideal saat hamil, olahraga juga membantu menguatkan tubuh sebagai persiapan untuk proses melahirkan nanti.

4. Konsultasi ke dokter

Untuk mengetahui pola makan yang tepat selama masa hamil, Anda bisa konsultasi ke dokter. Hal ini karena kebutuhan gizi setiap orang itu berbeda-beda. Diharapkan dengan konsultasi ini Anda bisa tahu kebutuhan gizi pada tubuh Anda sehingga tidak berlebihan menkonsumsi makanan.

Meskipun demikian, menurut dr Bonti, normalnya berat badan ibu akan turun dengan sendirinya dalam 3 bulan pertama setelah melahirkan. Perlahan dan bertahap berat badan ibu akan terus turun hingga 6 bulan setelah melahirkan.

(YG)

Comment di sini