Cara Agar Bisa Mencium Hajar Aswad

by
September 17th, 2014 at 11:56 am

CiriCara.com – Mencium Hajar Aswad saat melaksanakan ibadah haji hukumnya adalah sunnah. Meskipun demikian, antusias para jamaah haji untuk bisa menjalankan sunnah tersebut sangat tinggi dan menggebu-gebu.

mencium hajar aswad

Jamaah berebut mencium Hajar Aswad di Masjidil Haram, Mekkah – Antara

Banyak jamaah haji yang rela berdesak-desakan hingga saling dorong agar bisa mencium Hajar Aswad. Bagi jamaah haji Indonesia yang bertubuh kecil tentu akan sangat sulit berdesak-desakan dengan jamaah haji dari negara lain yang bertubuh tinggi dan besar.

Bisa mencium Hajar Aswad adalah pengalaman berharga. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda berada di dekat Hajar Aswad di Masjidil Haram. Jangan sampai Anda malah terluka karena didorong atau disikut, bahkan terjatuh.

Karena itu, seperti dikutip dari Republika.co.id, berikut ada beberapa tips atau cara agar Anda bisa mencium Hajar Aswad:

1. Jangan coba-coba mencium Hajar Aswad ketika puncak musim haji, karena tubuh Anda bisa terluka akibat didorong atau disikut, bahkan terjatuh.

2. Cobalah di malam hari karena peluangnya lebih besar. Di siang hari Anda harus berusaha setidaknya 1,5 jam sebelum Anda bisa mencium batu suci ini.

3. Hati-hati kepada penawar jasa mencium Hajar Aswad. Yakinlah, semuanya ada dalam kehendak Allah SWT. Apa pun bisa terjadi jika sudah kemauan Allah. Jadi berserah dirilah pada-Nya.

Bagi Anda yang tidak sanggup mencium Hajar Aswad, jangan khawatir. Karena menurut sebuah hadis, Anda cukup dengan melambaikan tangan ke arah Hajar Aswad lalu mengecup tangan sambil terus berjalan dan membaca takbir.

Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW pernah berkata kepada Umar, “Hai Umar engkau adalah seorang yang kuat, jangan engkau berdesak-desakan untuk mendekati Hajar Aswad lalu kamu menyakiti yang lemah. Jika kamu memperoleh kesempatan maka ciumlah Hajar Aswad itu. Jika tidak, cukup dengan takbir dan terus berjalan.” (HR. Al-Syafi’i).

Mencium Hajar Aswad itu hukumnya sunnah, jadi Anda jangan terlalu memaksakan diri untuk bisa mencium batu suci itu. Jika memang Allah SWT menghendaki, maka Anda pasti akan dimudahkan untuk mencium Hajar Aswad.

Semoga bermanfaat! (YG)

Comment di sini