Mobil Plat B Dilarang Masuk Kota Bogor?

by
September 17th, 2014 at 1:58 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor kabarnya akan membuat kebijakan berupa larangan bagi mobil pribadi plat B (Jakarta) masuk ke Kota Bogor. Kebijakan ini rencananya akan mulai disosialisasikan pada tahun 2015, mendatang.

lalu lintas macet

Kemacetan lalu lintas – Ist

Menurut Wakil Wali Kota Bogor, Usmar Hariman, kebijakan tersebut bertujuan untuk mengantisipasi kemacetan yang sering terjadi di Kota Bogor. Namun, kebijakan pelarangan mobil plat B masuk ke Bogor itu hanya diberlakukan setiap akhir pekan saja.

Ada wacana sehari tanpa kendaraan berplat B. Baik itu warga Kota Bogor maupun yang akan masuk ke Kota Bogor. Artinya orang yang ingin masuk Kota Bogor harus menggunakan angkutan massal,” kata Usmar.

Usmar mengatakan kebijakan tersebut merupakan gagasan dari Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. Menurut Usmar, saat ini Tim Percepatan Penanggulangan Prioritas Pembangunan (TP4) yang dibentuk Bima tengah melakukan pengkajian terhadap rencana kebijakan itu.

Usmar menilai, kemacetan di Kota Bogor bukan hanya disebabkan karena banyaknya angkot yang ngetem. Namun, menurutnya, mobil-mobil pribadi juga menjadi salah satu penyebab kemacetan yang terjadi hampir setiap akhir pekan itu.

“Kita tidak bisa terus menyalahkan angkot yang menyebabkan kemacetan, fakta di lapangan kendaraan pribadi juga cukup banyak,” ujar Usmar.

Lebih lanjut, Usmar menyampaikan bahwa Pemkot Bogor memang tengah melakukan sejumlah pembenahan transportasi. Selain berencana melakukan pembatasan kendaraan, Pemkot Bogor juga berencana untuk membangun tempat penitipan kendaraan atau parkir.

Meskipun demikian, Wali Kota Bogor Bima Arya membantah pihaknya akan melarang plat B masuk ke Bogor. Bima menjelaskan bahwa pihaknya hanya berencana untuk memperbaiki fasilitas transportasi umum agar warga Jakarta yang ingin ke Bogor mau beralih ke kendaraan umum dan meninggalkan kendaraan pribadi.

“Bukan plat B dilarang masuk Bogor, tapi ke depan transportasi publik dibenahi agar nyaman bagi tamu Kota,” jelas Bima melalui akun Twitter pribadinya, @BimaAryaS, Rabu (17/9/2014)

Menurut Bima, selama ini warga Bogor senang karena banyak orang Jakarta yang berkunjung ke Kota Hujan tersebut. Untuk mengatasi kemacetan, Bima mengaku akan menata angkot-angkot di Bogor agar lebih tertib lagi.

(YG)

Comment di sini