Pengemis Ini Bawa Tas Berisi Uang Rp 11 Juta

by
September 17th, 2014 at 11:22 am

Jakarta (CiriCara.com) – Fenomena pengemis kaya di Jakarta nampaknya masih terus bermunculan. Setelah pengemis Walang yang diketahui memiliki uang Rp 25 juta, baru-baru ini petugas berhasil mengamankan seorang pengemis pemilik uang Rp 11 juta.

pengemis tajir

Pengemis – Ist

Pengemis tersebut diketahui bernama Edi Supriyadi. Pengemis renta berusia 78 tahun ini diamankan oleh Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat (Sudinsos Jakpus) saat berada di dekat Hotel Oasis Amir, Senin, Jakarta Pusat, Selasa (16/9/2014) kemarin.

Menurut Kasie Pelayanan dan Rehabilitas Sosial Sudinsos Jakpus, Wanson Sinaga, pihaknya sudah mendapat banyak pengaduan dari warga terkait pengemis kaya tersebut. “Setelah itu kami tidak lanjuti ambil orangnya di samping Hotel Oasis Amri,” kata Wanson.

Wanson mengatakan bahwa Edi diamankan bersama dengan gerobak yang biasa ia bawa keliling. Petugas pun kemudian menggeledah gerobak Edi dan ditemukan sebuah tas yang ternyata berisi uang sejumlah Rp 11 juta.

Ada tas pinggang. Begitu saya geledah di tasnya ada duit 11 juta dalam pecahan seratus ribu, puluhan, dan dua ribuan,” tutur Wanson.

Selain tas pinggang berisi uang Rp 11 juta, petugas juga menemukan sebuah palu dan sejumlah alat rumah tangga di gerobak milik Edi itu. Menurut Wanson, Edi memang diketahui setiap harinya tinggal di dalam gerobak tersebut.

Menurut laporan warga, Edi memang sudah lama mangkal di area tersebut. Penampilan Edi yang tampak menyedihkan dan sudah tua membuat banyak warga yang melintas merasa kasihan. Sampai-sampai tanpa meminta pun, Edi sudah diberi uang.

“Bahkan ada yang berlangganan dan rutin kasih ke dia,” kata Wanson.

Rencananya Edi akan dibawa ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya, Cipayung, Jakarta Timur untuk mendapatkan pembinaan. Setelah mendapat pembinaan, Edi akan dipulangkan ke kampung halamannya di Kudus, Jawat Tengah.

Menurut Wanson, uang Rp 11 juta milik Edi yang diamankan petugas akan dikembalikan lagi ke Edi. Nantinya uang tersebut diharapkan untuk menjadi bekal Edi selama di kampung halamannya nanti.

(YG)

Comment di sini