Cara Menjaga Kesehatan Prostat dengan Makanan

by
September 18th, 2014 at 2:31 pm

CiriCara.com – Seiring pertambahan usia, para pria sebaiknya lebih perhatian lagi terhadap kesehatan prostatnya. Hal ini karena masalah kesehatan pada prostat, seperti pembesaran prostat atau kanker prostat itu mudah menyerang pria usia lanjut.

prostat sehat

Konsultasi pria – Ist

Agar prostat tetap sehat, para pria diminta untuk menghindari makanan yang mengandung kafein, alkohol, tepung, daging merah, dan gula. Dan tetap melakukan olahraga secara rutin adalah salah satu cara agar tubuh serta prostat tetap sehat.

Selain menghindari makanan-makanan tersebut, sebenarnya ada juga makanan yang baik untuk kesehatan prostat. Dengan makanan ini prostat Anda akan tetap sehat dan tentunya akan terhindar dari serangan penyakit kanker.

Langsung saja, berikut cara menjaga kesehatan prostat dengan makanan, seperti dikutip dari Merdeka.com:

1. Tomat dan buah warna merah

Kandungan lycopene yang terdapat pada tomat berguna untuk menjaga kesehatan prostat. Zat antioksidan ini juga mampu mencegah kanker prostat. Selain tomat, buah-buahan berwarna merah, seperti jambu biji, semangka, dan paprika juga menyehatkan prostat.

2. Brokoli

Konsumsi brokoli bisa membantu menjaga kesehatan prostat Anda. Hal ini karena brokoli mengandung phytochemical yang mampu melawan sel-sel penyebab kanker prostat. Bagaimana? Apakah Anda suka makan brokoli?

3. Jus delima

Jus buah delima ini ternyata bermanfaat untuk melawan kanker prostat. Bahkan, pria yang sudah terkena kanker prostat pun disarankan untuk tetap menkonsumsi jus buah delima ini agar kondisinya tetap bugar.

Ikan segar - Ist

Ikan segar – Ist

4. Ikan

Kandungan asam lemak omega 3 dan omega 6 pada ikan ternyata bermanfaat untuk mencegah sel kanker pada prostat. Hal ini dibuktikan melalui penelitian bahwa pria yang tidak menkonsumsi ikan itu 2-3 kali lebih berisiko terkena kanker prostat.

5. Biji wijen

Biji wijen mengandung zat besi yang bagus untuk menjaga kesehatan prostat pria. Jika Anda ingin prostat tetap sehat, tidak ada salahnya memasukkan biji wijen dalam menu makanan Anda. Tidak perlu setiap hari, agar Anda tidak bosan.

6. Alpukat

Kandungan beta-siterol pada buah alpukat berguna untuk mengurangi gejala pembesaran prostat. Selain itu, beta-siterol ini juga berguna untuk meningkatkan aliran urin, memperkuat kekebalan tubuh, dan mengurangi peradangan dan nyeri. Anda bisa membuatnya jadi jus alpukat, tapi ingat! Jangan pakai gula atau makanan yang mengandung gula ya.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan prostat dengan makanan. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini