Cara Mencegah Baterai Smartphone Meledak

by
September 19th, 2014 at 2:25 pm

CiriCara.comKasus smartphone yang meledak saat digunakan atau saat di-charge belakangan ini memang marak terjadi. Sekalipun smartphone tersebut merupakan buatan produsen ternama dan terkenal, risiko baterai meledak itu tetap masih ada.

ilustrasi baterai smartphone

Baterai Smartphone – Ist

Baterai smartphone meledak bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari pemakaian yang sembarangan maupun pemeliharaan baterai ponsel yang kurang baik. Karenanya, Anda harus lebih berhati-hati lagi saat memakai smartphone.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah baterai smartphone meledak. Bagi Anda pemilik dan pemakai smartphone, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut supaya baterai smartphone Anda tetap awet dan tidak meledak.

1. Matikan fitur/aplikasi tak terpakai

Smartphone ini memang menyediakan banyak fitur atau aplikasi yang memanjakan para penggunanya. Namun, pastikan semua fitur/aplikasi yang Anda buka ditutup atau dimatikan kembali jika sudah tidak dipakai. Hal ini bertujuan agar baterai tidak cepat panas.

2. Jangan main game saat di-charge

Main game di smartphone sering membuat orang lupa diri. Hal ini terbukti dengan masih banyaknya orang yang main game saat di-cahrge. Padahal cara seperti ini hanya akan membuat baterai bertambah panas dan cepat rusak, bahkan bisa sampai meledak.

3. Hindari benda bersuhu tinggi

Jangan letakkan smartphone Anda di benda yang bersuhu tinggi. Hal ini karena bisa saja suhu panas di benda tersebut berpindah ke smartphone Anda. Misalnya, saat menggunakan power bank, sebaiknya jangan letakkan smartphone Anda di atasnya. Hal ini menghindari smartphone mengalami panas berlebih.

cara nge-charge smartphone yang benar

Cara ngecas smartphone – Ist

4. Hindari tempat yang panas

Meletakan smartphone di dashboard kendaraan yang terkena sinar matahari juga bisa merusak smartphone Anda. Karenanya, rubah kebiasaan buruk Anda itu. Meletakkan smartphone di tempat yang panas hanya akan membuat suhu baterai jadi naik. Karenanya, hindari tempat yang panas.

5. Pakai baterai asli

Jika terpaksa harus mengganti baterai smartphone dengan yang baru, sebaiknya pilih baterai yang asli atau original dari si produsen pembuat smartphone Anda. Selain lebih awet, menggunakan baterai original juga lebih aman dan sesuai spesifikasi smartphone.

Demikian lah beberapa cara yang perlu Anda perhatikan agar baterai smartphone tidak meledak. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini