Biaya Produksi iPhone 6 Hanya Rp 2,7 Jutaan

by
September 22nd, 2014 at 11:28 am

CiriCara.com – Kehadiran smartphone terbaru dari Apple, iPhone 6 memang menarik banyak perhatian pecinta gadget. Bahkan, Apple menklaim bahwa iPhone 6 sudah dipesan hingga 4 juta unit di beberapa negara hanya dalam waktu 24 jam dari sesi pertama pemesanan.

iphone 6

iPhone 6 – Ifixit

Soal harga, iPhone 6 mulai dijual dengan banderol sebesar US$ 649 atau sekitar Rp 7 jutaan secara umum di beberapa negara. Tapi, sebenarnya berapa ya biaya produksi yang dikeluarkan Apple untuk membuat satu unit iPhone 6 tersebut?

Untuk menjawab pertanyaan itu, sebuah blog teardown.com pun melakukan “pembedahan” terhadap perangkat iPhone 6 tersebut. Kemudian ditelusuri lah harga dari masing-masing komponen untuk membuat iPhone 6.

Hasilnya, teardown.com menyebut bahwa Apple hanya membutuhkan biaya sebesar US$ 227 atau setara dengan Rp 2,7 jutaan untuk memproduksi satu unit iPhone 6. Harga yang jauh lebih murah dibanding harga jualnya yang mencapai Rp 7 jutaan.

Dari pembongkaran tersebut, didapat rincian harga masing-masing komponen sebagai berikut, seperti dilansir Tech In Sight:

- Prosesor baru Apple A8 dari Qualcomm seharga US$ 59,5
- Layar dan panel sentuh sebesar US$ 41,5
- Komponen konektivitas, seperti bluetooth, selular, WiFi, dan lainnya, sebesar US$ 40,5
- Untuk kamera sebesar US$ 16,5
- Untuk memori dan ruang penyimpanan sebesar US$ 14
- Untuk material dan proses produksi lainnya sebesar US$ 77

Seperti diketahui, Apple memang dikenal biasa memasang harga yang terbilang tinggi untuk produk-produk buatannya. Para pengamat pun menyebutkan bahwa Apple bisa membanderol produknya dengan harga 3 kali lipat dari biaya produksi.

Meskipun demikian, keterangan biaya di atas hanya sekadar keterangan perkiraan biaya soal komponen saja. Belum termasuk biaya riset dan pengembangan serta biaya lainnya yang dikeluarkan Apple untuk pembuatan iPhone 6 itu.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk membeli iPhone generasi terbaru itu?

(YG)

Comment di sini