Cara Mengatasi Kecanduan Gula

by
September 22nd, 2014 at 10:40 am

CiriCara.com – Semua orang di dunia ini tentu suka dengan gula. Ya, rasanya yang manis selalu membuat kita jadi ingin menkonsumsinya setiap hari. Apalagi gula ini juga sering dijadikan campuran dalam minuman maupun olahan masakan.

gula pasir

Gula – Ist

Namun perlu Anda ketahui, menkonsumsi gula berlebih juga bisa memicu Anda terserang penyakit diabetes. Apalagi jika di dalam silsilah keluarga Anda terdapat riwayat penyakit diebates. Karenanya Anda harus waspada mulai dari sekarang.

Seperti dilansir dari healthmeup.com, Anda sebaiknya mulai memperhatikan lagi jumlah konsumsi gula Anda setiap harinya. Jika sudah telanjur jadi kebiasaan dan Anda mulai kecanduan gula, berikut ada cara untuk mengatasinya:

1. Jangan simpan makanan manis

Singkirkan semua makanan/minuman manis yang ada di dapur Anda. Hal ini akan membantu Anda untuk mengontrol dorongan untuk menkonsumsi makanan/minuman yang mengandung gula. Anda sebaiknya tidak menyimpan stok makanan/minuman manis di dapur Anda.

2. Pemanis alami

Jika Anda masih sulit untuk mengendalikan diri dan ingin terus menkonsumsi makanan atau minuman manis, Anda bisa memakai pemanis alami seperti madu. Selain lebih sehat, pemanis alami ini juga akan mengurangi risiko diabetes. Namun, tetap tidak boleh berlebihan.

3. Olahraga

Dengan berolahraga Anda bisa menghilangkan kecanduan akan gula. Olahraga teratur, terkena paparan sinar matahari secara alami, dan tidur teratur akan membuat tubuh jadi lebih bugar dan sehat. Karenanya, sebaiknya Anda perbanyak olahraga mulai dari sekarang.

6 Bahaya Kesehatan dari Manisnya Gula4. Pilih camilan sehat

Konsumsi gula berlebih seringkali muncul saat Anda lapar tidak terkontrol. Untuk mencegahnya Anda bisa menkonsumsi camilan yang sehat. Hindari camilan yang manis, seperti permen, kue, cake, dan kukis.

5. Makan teratur

Makan teratur serta seimbang mampu menghindarkan Anda dari kecanduan gula. Anda disarankan untuk menkonsumsi makanan sehat yang mencakup protein, serat, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat. Dengan makan teratur, tubuh tidak akan ngemil yang manis-manis lagi.

Gula memang memiliki rasa yang manis, tapi Anda tidak boleh berlebihan saat menkonsumsinya. Selain bisa menyebabkan penyakit diabetes, menkonsumsi makanan manis juga bisa membuat Anda jadi obesitas. (YG)

Comment di sini