Disindir Kutu Loncat, Ini Pembelaan Ahok

by
September 22nd, 2014 at 3:25 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok disindir sebagai kutu loncat karena keluar dari Partai Gerindra. Menanggapi sindiran kader gerindra tersebut, Ahok pun memberikan sebuah pembelaan.

ahok basuki tjahaja purnama

Ahok – Ist/Tempo.co

“Loncat-loncat kenapa nggak boleh? Ya nggak apa-apa dong. Saya masuk Gerindra juga loncat dari Golkar kan,” kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Medeka Selatan, Jakarta Pusat, seperti dikutip dari detik.com, Senin (22/9/2014).

Lebih lanjut, sindiran loncat-loncat yang dilontarkan kader Gerindra dinilai Ahok kurang tepat. Ahok mengatakan bahwa dirinya saat ini belum loncat karena belum pindah ke partai lain setelah keluar dari Gerindra. Menurut Ahok dirinya saat ini baru keluar, bukan loncat.

“Tapi seandainya sekarang saya masuk partai lain, baru loncat. Jadi kalau loncat-loncat itu nggak benar bahasanya, saya baru loncat sekali,” ujar Ahok kepada wartawan yang datang menemuinya di kantor.

Ahok menjelaskan, sewaktu dirinya keluar dari Partai Indonesia Baru (PIB) pada 2007 lalu, dia sempat vakum dari partai politik hingga sekitar satu tahun. Kemudian masyarakat minta Ahok untuk jadi DPR. Karena untuk jadi DPR harus punya partai, Ahok pun masuk Golkar.

“Masyarakat minta saya masuk DPR RI,” ujar Ahok yang juga mantan Bupati Belitung Timur.

Saat pindah dari Golkar ke Gerindra, Ahok mengakui bahwa tindakannya saat itu bisa dikatakan sebagai loncat partai politik. Namun, Ahok mengatakan ada alasan khusus kenapa akhirnya dia pindah ke Gerindra.

Waktu itu saya sering seminar-seminar di kampus-kampus, mahasiswa nanya ‘Anda jujur, tapi apa gunanya jujur kalau tidak ada partai yang calonkan Anda’,” tutur Ahok.

Karena teringat pertanyaan mahasiswa tersebut, Ahok pun tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ditawarkan Gerindra, saat partai yang dibesut Prabowo ini mau mengusungnya jadi calon wakil gubernur DKI Jakarta di Pilkada 2012, lalu.

“Ketika Gerindra calonkan saya, saya pikir itu minimal modal saya untuk ngomong di seminar,” kata Ahok.

Seperti diketahui, saat ini Ahok telah memutuskan untuk keluar dari Gerindra. Hal ini dipicu karena adanya perbedaan pandangan mengenai RUU Pilkada. Pasalnya Gerindra menolak Pilkada langsung, sementara Ahok mendukung Pilkada langsung.

(YG)

Comment di sini