PR Matematika Ini Bikin Heboh Facebook

by
September 22nd, 2014 at 9:56 am

CiriCara.com – Sebuah foto pekerjaan rumah (PR) mata pelajaran matematika anak kelas 2 Sekolah Dasar (SD) mendadak jadi heboh di Facebook. Foto tersebut diunggah oleh seorang pengguna Facebook bernama Erfas, 18 September lalu.

soal pr matematika

Soal matematika – Ist/Merdeka/Facebook

Erfas menceritakan bahwa awalnya sang adik yang duduk di kelas 2 SD tidak mengerti cara mengerjakan PR matematika yang diberikan oleh guru SD-nya. Akhirnya, sang adik pun minta bantuan kepadanya.

“Suatu malam adek saya kelas 2 SD mendapat PR dari gurunya, ‘soal 4+4+4+4+4+4=…x…=…’ karena adek saya belum paham maksud dari soal tersebut, akhirnya adek saya bertanya kepada saya,” tulis Erfas di Facebook.

Erfas yang merupakan mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Diponegoro ini pun dengan mudah mengajarkan adiknya. Ia pun sangat yakin bahwa adiknya akan mendapat nilai yang bagus karena jawabannya diyakini benar semua.

Saya mengajarkan adek saya cara perkalian yang menurut saya lebih mudah dipahami oleh anak kelas 2 SD, 4+4+4+4+4+4= 4 x 6 = 24, dengan alasan empatnya ada enam kali,” tulis Erfas di akun Facebooknya.

Dan pada malam berikutnya, sang adik bilang bahwa PR-nya yang kemarin diajarkan oleh Erfas hanya mendapat nilai 20. Erfas pun sontak terkejut dan langsung mengecek kembali buku PR matematika milik adiknya itu.

“Ternyata yang membuat dia disalahkan adalah karena posisi angka 4 dengan 6 terbalik. Jawaban yang benar cuma 8 x 8 dan 4 x 4, mau dibolak-balik pun sama aja,” jelas Erfas.

Menurut Erfas, jawaban di PR adiknya sebenarnya tidak ada yang salah. Alasannya, hasil dari perkalian 4 x 6 itu sama saja dengan hasil perkalian 6 x 4, yakni 24. Erfas beralasan bahwa tidak masalah angkanya dibalik-balik selama hasilnya tetap sama.

“Biasanya murid yang melakukan kesalahan, tapi kali ini saya merasa bahwa guru adek saya lah yang melakukan kesalahan,” tulis Erfas.

Dalam foto, Erfas pun terlihat menuliskan surat terbuka di buku PR adiknya itu.

pr matematika

Soal matematikan – Facebook

Berbagai macam tanggapan pun mulai bermunculan di situs jejaring sosial Facebook. Ada yang setuju dengan pendapat Erfas, namun ada juga yang menilai bahwa sang guru sudah benar.

Bagaimana menurut Anda?

(YG)

Comment di sini