Ini Film Kartun yang Masuk Kategori Berbahaya

by
September 23rd, 2014 at 9:41 am

Jakarta (CiriCara.com) – Para orang tua diminta untuk selalu mendampingi si buah hati saat menyaksikan kartun kesayangannya di televisi. Hal ini bertujuan agar si buah hati tidak meniru adegan-adegan yang ada di film kartun, terutama adegan berbahaya.

film kartun berbahaya

Tayangan anak/film kartun – Ist

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat telah melakukan kajian dan pemantauan pada tayangan kartun anak di berbagai televisi nasional. Hasilnya, sedikitnya ada 3 film kartun yang tayang setiap hari dan masuk kategori berbahaya.

Menuru Komisioner Bidang Isi Siaran, Agatha Lily, ketiga film kartun tersebut masuk kategori berbahaya karena berisi adegan yang dinilai bisa berdampak buruk bagi perkembangan fisik dan mental anak. Terdapat juga adegan kekerasan di film kartun tersebut.

“Seperti, kekerasan fisik; mencekik, menonjok, menjambak, menendang, menusuk dan memukul; kekerasan terhadap hewan; penggunaan senjata tajam dan benda keras untuk menyakiti dan melukai seperti pisau, balok, dan benda-benda lainnya; kata-kata kasar dan adegan-adegan berbahaya,” kata Agatha, seperti dikutip dari Merdeka.com, Senin kemarin.

Agatha pun menyayangkan masih ada saja kartun yang menampilkan kekerasan eksplisit dan masif dalam ceritanya. Parahnya lagi, film kartun tersebut ditayangkan di televisi sebanyak 2 kali dalam satu hari.

“Hal ini tentu saja akan mendorong daya imitasi yang berpengaruh terhadap sikap, pola pikir, dan kepribadian anak-anak Indonesia,” ujar Agatha.

Berikut 3 tayangan anak dan kartun yang termasuk dalam kategori berbahaya (lampu merah), seperti dilansir dalam keterangan pers KPI:

1. Bima Sakti – ANTV
2. Little Krisna – ANTV
3. Tom & Jerry yang tayang di tiga stasiun TV: ANTV, RCTI, dan Global TV

Berikut 2 tayangan anak dan kartun yang masuk kategori hati-hati (lampu kuning):

1. Crayon Sinchan – RCTI
2. Spongebob Squarepants – Global TV

Lebih lanjut, Agatha mengatakan bahwa pihak KPI telah menegur masing-masing stasiun TV yang menayangkan kartun tersebut. KPI meminta pihak TV untuk tidak menayangkan kartun tersebut atau menghilangkan adegan-adegan berbahaya di kartun tersebut.

Atas pelanggaran-pelanggaran tersebut, KPI dengan tegas telah menjatuhkan sanksi administratif kepada staisun TV yang menyiarkan,” kata Agatha.

Meskipun demikian, KPI juga melihat ada 7 tayangan anak atau kartun anak yang layak ditonton karena kaya edukasi dan menginspirasi. Berikut diantaranya:

1. The Explorer (Global TV)
2. Adit Sopo Jarwo (MNC TV)
3. Laptop Si Unyil (Trans 7)
4. Curious George (ANTV)
5. Thomas and Firends (Global TV)
6. Unyil Keliling Dunia (Trans 7)
7. Disney Junior (MNC TV)

(YG)

Comment di sini