Cara Menghilangkan Bau Prengus Daging Kambing

by
September 24th, 2014 at 2:08 pm

CiriCara.com – Jelang Hari Raya Idul Adha, tidak ada salahnya jika Anda mulai mencari-cari resep makanan yang pas untuk mengolah daging kurban nanti. Biasanya, kebanyakan orang lebih memilih mengolah daging kurban jadi sate. Bagaimana dengan Anda?

daging kambing

Gulai kambing – Ist

Hewan yang akan dikurbankan saat Idul Adha itu biasanya berupa sapi, kerbau, dan kambing. Daging-daging tersebut sangat enak untuk diolah dijadikan berbagai menu makanan. Semua bisa dipilih sesuai dengan selera Anda dan keluarga.

Buat Anda yang akan mengolah daging kambing, biasanya akan mengeluhkan bau prengus-nya. Baik saat memotong, maupun setelah daging kambing itu dimasak dan jadi makanan. Sebenarnya ada nggak sih cara untuk menghilangkan bau prengrus?

Langsung saja simak cara menghilangkan bau prengus daging kambing, seperti yang disampaikan para Legenda Kuliner Nusantara dalam Acara Bango Berbagi Tips Masakan Idul Adha di Oasis Restaurant, Jakarta Pusat:

1. Buah nanas

Untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing, Anda bisa menggunakan potongan buah nanas yang sudah dihaluskan. Selain bisa menghilangkan bau prengus, buah nanas ini juga dipercaya bisa membuat daging kambing jadi empuk.

Caranya: cuci daging kambing sampai bersih, potong-potong. Campurkan daging kambing dan buah nanas di dalam satu wadah. Remas-remas daging dan potongan buah nanas, kemudian diamkan.

2. Kecap manis dan garam

Agar bau prengus hilang, Anda bisa merebus daging kambing dengan dicampur kecap manis dan juga garam selama ½ jam. Selain bisa menghilangkan bau prengus, cara ini juga bisa menambah citarasa pada daging kambing. Jika ingin daging yang lembut, Anda bisa merebusnya lebih lama 1 jam.

daging kambing

Daging kambing – Ist

3. Kunyit, jahe, bawang putih

Cuci daging kambing hingga bersih, lalu potong-potong, diamkan selama 15 menit. Campur kunyit sepotong, jahe sepotong, dan bawang putih, lalu haluskan dengan cara diulek. Setelah itu, campur bumbu yang sudah halus tadi ke daging kambing, oleskan secara merata.

Daging kambing yang telah dicampurkan bumbu-bumbu tadi bisa dicuci kembali. Selain bisa menghilangkan bau prengus, kunyit, jahe, dan bawang putih tadi juga bisa menambah cita rasa pada daging yang akan diolah.

4. Jeroan kambing

Bau prengus pada daging kambing itu biasanya datang dari jeroan. Karenanya, Anda harus tahu cara mengolahnya. Jeroan harus dicuci hingga benar-benar bersih. Masukkan jeroan ke dalam air bertemperatur normal. Rebus dengan api besar hingga muncul buih-buih ke permukaan dan buang buih-buih tersebut.

Buih-buih itu muncul ke permukaan karena merupakan sisa kotoran yang masih menempel pada jeroan. Buih ini juga lah yang menyebabkan bau prengus pada daging kambing. Karenanya, sebaiknya dipisahkan saja antara jeroan dan daging.

Demikian lah beberapa cara untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Selamat mencoba dan semoga berhasil! (YG)

Comment di sini