Duh! Internet Indonesia Terancam Mati Total

by
September 24th, 2014 at 9:39 am

Jakarta (CiriCara.com) – Para penyelenggara layanan internet di Indonesia saat ini tengah gusar. Mereka mengaku khawatir dan tidak mau bernasib sama seperti Indar Atmanto, mantan Dirut Indosat Mega Media (IM2) yang kini dipenjara.

internet

Internet – Ist

Seperti diketahui, Indar divonis 8 tahun penjara karena kasus tuduhan korupsi pengadaan jaringan 2,1 GHz/3G di PT Indosat. Pasalnya, IM2 yang tidak memiliki izin frekuensi 3G, dalam operasinya menyewa bandwidth ke operator Indosat yang telah memiliki izin 3G.

Para penyelenggara ISP menilai, apa yang dilakukan Indar sebenarnya tidak melanggar aturan dan telah dianggap benar oleh regulator telekomunikasi seperti Kemenkominfo dan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI). Namun nyatanya, Indar tetap dipenjara.

Atas dasar kasus Indar tersebut, para penyelenggara internet di Indonesia pun mengaku khawatir. Pasalnya model bisnis seperti yang digunakan Indar (IM2 dan Indosat) juga dipakai oleh lebih dari 200 penyedia jasa layanan internet (ISP) lainnya.

Mereka tidak ingin dipenjara gara-gara menerapkan model bisnis yang sama seperti Indar. Untuk itu, mereka pun sepakat untuk mempertanyakan status hukum bisnis layanan ISP seperti yang dilakukan oleh Indar (IM2 dan Indosat) kepada Mahkamah Agung (MA).

Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Semmy Pengerapan mengatakan bahwa pihaknya akan mengirim surat ke MA dalam minggu ini. Diharapkan akan ada kejelasan status hukum mengenai model bisnis tersebut.

“Apakah skema bisnis seperti IM2 dan Indosat itu menyalahi aturan atau tidak. Sebab, hampir sebagian besar ISP menggunakan skema bisnis yang sama,” kata Semmy di kantor pusat Indosat di Jakarta, Selasa (23/9/2014) kemarin.

Jika Mahkamah Agung mengeluarkan fatwa bahwa keputusan Pengadilan Tinggi terkait kasus Dirut IM2 itu berlaku sama untuk semua penyedia layanan ISP, maka terpaksa mereka akan menghentikan layanan internetnya. Itu artinya internet di Indonesia bisa mati total.

“Imbasnya, sekitar 71 juta pengguna internet di Indonesia akan terancam tidak dapat akses internet karena akan mati total. Target pemerintah untuk 110 juta pengguna internet di 2015 juga mustahil tercapai,” kata Andi Budimansyah, Ketua Umum Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI).

(YG)

Comment di sini