Penalti Liverpool-Boro Pecahkan Rekor Piala Liga Inggris

by
September 24th, 2014 at 11:22 am

Liverpool (CiriCara.com) – Laga babak ketiga Piala Liga Inggris antara Liverpool melawan Middlesbrough (Boro) mencatatkan rekor baru adu penalti terlama dan terbanyak. Seperti diketahui, Liverpool akhirnya lolos setelah menang adu penalti 14-13 atas Boro.

liverpool

Liverpool merayakan kemenangan – Ist

Pada laga yang berlangsung di Anfield, Rabu (24/9/2014) dinihari WIB, Liverpool harus bekerja keras untuk menumbangkan Boro. Tampil sebagai tuan rumah, Liverpool hanya mampu bermain imbang 1-1 hingga waktu normal pertandingan berakhir.

Pada babak tambahan, Liverpool tampil ngotot dan berhasil unggul 2-1 pada menit ke-120. Namun, tim asuhan Brendan Rodgers ini harus kembali kebobolan pada menit ke-123. Skor 2-2 tidak berubah hingga babak tambahan berakhir dan harus ditentukan lewat adu penalti.

Di adu penalti, Liverpool nyaris menang ketika unggul 4-3, karena penendang pertama Boro gagal. Namun sayang, penendang ke-5 Liverpool, Raheem Sterling gagal mencetak gol. Penendang ke-5 Boro kemudian sukses menyamakan skor jadi 4-4.

Adu penalti pun berlanjut hingga masing-masing kiper pun sempat menjadi penendang penalti dan sukses mencetak gol, skor masih sama kuat 11-11. Itu artinya, penendang pertama kembali menendang bola dan seterusnya hingga sampai pada tendangan Albert Adomah melebar.

Liverpool pun keluar sebagai pemenang dengan skor 14-13 atas Boro. Liverpool akhirnya lolos ke babak keempat Piala Liga Inggris setelah susah payah mengalahkan Boro di markasnya sendiri.

Hasil penalti 14-13 itu pun menjadi rekor baru sepanjang sejarah Piala Liga Inggris. Rekor penalti terbanyak dan terlama sebelumnya adalah 9-8, yang terjadi di tiga laga yakni Arsenal vs Riotterham di 2004, Manchester City vs Stoke City, dan Aston Villa vs Caolchester, keduanya di 1982.

Tidak hanya di Piala Liga Inggris, rekor adu penalti itu juga mengalahkan rekor adu penalti di Piala FA, yakni 11-10. Rekor Piala FA ini terjadi pada babak pertama turnamen tahun 2011 saat laga Macclesfield melawan Forest Green, dimana Macclesfield yang jadi pemenangnya.

Namun, seperti dilansir BBC, adu penalti terlama juga pernah terjadi di ajang Football Leaguw Trophy saat Dagenham & Redbridge mengalahkan Leyton Orient. Saat itu kedua tim harus mengakhiri pertandingan lewat adu penalti dengan skor 14-13.

(YG)

Comment di sini