Per November, Pakai Facebook Harus Bayar?

by
September 25th, 2014 at 2:22 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Hingga saat ini pengguna Facebook sudah mencapai 1,3 miliar lebih di seluruh dunia. Seiring dengan kemajuan pesat dari Facebook, ada yang mengabarkan bahwa situs jejaring sosial terpopuler ini akan beralih ke sistem berbayar. Benarkah?

facebook

Facebook – Ist

Seperti yang dikabarkan oleh sebuah website bernama National Report, Facebook kabarnya akan menarik bayaran kepada setiap pemakai layanannya. Nantinya para pengguna diminta untuk membayar USD 3 atau sekitar Rp 35 ribuan saat memakai Facebook.

“Sampai bulan Agustus 2014, Facebook telah memiliki 1.317 miliar pengguna. Apabila total pengguna itu, 75 persen membayar layanan kami sebesar USD 3, maka perusahaan akan mendapatkan pemasukan sebesar USD 36 miliar,” kata sumber di berita tersebut yang diklaim sebagai CEO Facebook, Mark Zuckerberg.

Sumber berita itu juga menyebutkan bahwa Facebook bisa saja bangkrut jika tidak menarik bayaran dari para pengguna. “Apabila kita tidak melakukan sesuatu, maka ditakutkan Facebook akan tutup di kemudian hari,” masih kata sumber tersebut.

Tidak hanya itu, berita National Report juga menyebutkan bahwa juru bicara Facebook Paul Horner mengatakan kepada CNN, biaya perawatan Facebook sangat tinggi, karenanya dibutuhkan bantuan dana dari para pengguna. Disebutkan bahwa sistem berbayar ini akan mulai berlaku pada 1 November 2014, mendatang.

Meskipun demikian, berita tersebut diyakini hanya berita hoax atau palsu. Sumber berita yang diklaim sebagai juru bicara Facebook Paul Horner dan Pendiri Facebook Mark Zuckerberg juga diyakini palsu.

Walaupun hingga saat ini belum ada konfirmasi resmi dari pihak Facebook, namun tulisan “Free and always be” di halaman depan situs Facebook sudah cukup menegaskan bahwa berita di National Report itu palsu. Facebook akan tetap gratis!

Kabar Facebook akan menarik bayaran ini bukan kali pertama muncul. Facebook memang sudah sering dikabarkan akan menarik bayaran sejak tahun 2011 sampai dengan 2014 ini. Namun, kabar-kabar tersebut tidak ada yang terbukti, dan Facebook tetap gratis diakses.

(YG)

Comment di sini