Wukuf 3 Oktober, Haji Tahun Ini Jadi Haji Akbar

by
September 25th, 2014 at 9:11 am

Madinah (CiriCara.com) – Pemerintah Arab Saudi telah menetapkan puncak haji atau wukuf jatuh pada tanggal 3 Oktober 2014. Itu artinya, ibadah haji tahun 1435 Hijriyah atau 2014 ini akan menjadi haji akbar. Kenapa dikatakan sebagai haji akbar?

ibadah haji

Haji – Ist

Kementerian Agama (Kemenag) telah mendapat informasi resmi dari Pusat Observatorium King Abdul Aziz tentang penetapan 1 Dzulhijah. Dimana Pemerintah Arab Saudi menyatakan bahwa 1 Dzulhijah tahun ini jatuh pada Kamis, 25 September 2014.

Berdasarkan laporan tersebut, itu artinya 9 Dzulhijah (hari pelaksanaan wukuf) bertepatan pada hari Jumat tanggal 3 Oktober 2014. Itulah sebabnya haji tahun ini jadi haji akbar, karena wukuf dilaksanakan pada hari Jumat atau hari yang mulia.

“9 Dzulhijah jatuh di hari Jumat. Kita tidak punya kewajiban salat Jumat namun jamak khosor dan wukuf di Arofah,” kata Kasubdit Pembinaan Syariat dan Hisab Rukyah Kemenag RI, Ahmad Izzuddin di Kantor Misi Haji Indonesia Daker Madinah, Rabu (24/9/2014).

Menurut Izzuddin, haji akbar adalah momen yang paling ditunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Pasalnya, haji akbar ini mempunyai sejumlah keistimewaan, diantaranya akan dikabulkannya doa-doa para orang yang berhaji di haji akbar ini.

“Haji akbar adalah haji yang sangat mulia dan sangat diharapkan seluruh umat muslim dan insya’Allah semua doanya dikabulkan Allah Taala,” ujar Izzuddin dalam konferensi pers-nya di Madinah, Rabu kemarin.

Tidak hanya itu, menurut Izzuddin, ada sebuah hadist yang menyebutkan bahwa pahala orang yang melaksanakan ibadah haji di haji akbar akan dilipatgandakan. Karenanya, Izzuddin meminta agar para jamaah melaksanakan ibadah dengan baik.

“Dilipatgandakan 7 kali lipat pahalanya dan itu ada hadistnya,” kata Izzuddin.

Untuk bisa mendapatkan keistimewaan haji akbar ini, para jamaah haji harus lebih sabar. Pasalnya, diyakini bahwa menjelang haji akbar ini akan ada banyak cobaan berat yang akan dialami oleh para jamaah.

Semoga ibadah haji tahun ini akan berkah untuk semua. Dan semoga para jamaah haji tahun ini menjadi haji yang mabrur.

(YG)

Comment di sini