Cara Cegah Panas Dalam Usai Makan Daging Kambing

by
September 26th, 2014 at 1:07 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Sebentar lagi kita akan menyambut Hari Raya Idul Adha. Salah satu makanan favorit yang biasa dibuat pas hari raya kurban ini adalah sate kambing. Rasanya sangat khas dan tentunya sangat enak untuk dinikmati bersama keluarga.

sate daging kambing

Sate kambing – Ist

Tapi, terlalu banyak menyantap sate daging kambing juga bisa menyebabkan masalah panas dalam. Karenanya, beberapa orang ada yang lebih memilih untuk tidak menkonsumsi menu makanan dari olahan daging kambing ini. Mereka takut terkena panas dalam.

Mau makan sate kambing, tapi takut kena panas dalam? Nggak perlu khawatir. Pasalnya, menurut pakar kuliner Arie Parikesit, sebenarnya panas dalam usai menyantap daging kambing itu bisa dicegah dengan beberapa cara.

Ingin tahu cara mencegah panas dalam? Simak baik-baik penjelasan berikut ini:

1. Jus mentimun

Menurut Arie, jus mentimun itu sangat ampuh untuk mencegah panas dalam usai menyantap makanan yang bersifat panas, seperti olahan daging kambing. Hal ini karena mentimun mempunyai sifat yang mendinginkan tenggorokan.

Sebenarnya (mentimun) dimakan begitu saja juga bisa (untuk mencegah panas dalam), tapi manfaatnya enggak akan sebagus kalau dibuat jus,” kata Arie dalam acara bertajuk “Bango Berbagi Tips Masakan Idul Adha” di Oasis Restaurant, Jakarta Pusat.

2. Lalapan

Menurut Arie, lalapan berupa tomat, selada, dan kol juga bisa mencegah panas dalam usai menyantap makanan dari olahan daging kambing. Sayuran yang dijadikan lalapan itu diyakini mampu menetralkan panas akibat menkonsumsi daging kambing.

daging kambing

Gulai kambing – Ist

3. Membatasi diri

Olahan makanan dari daging kambing itu memang mempunyai rasa yang enak. Tak heran jika banyak orang yang sangat tergila-gila dengan menu makanan dari daging kambing ini. Namun, Arie menyarankan agar konsumsi daging kambing tetap harus dibatasi.

Menurut Arie, agar tidak terkena panas dalam, Anda tidak boleh menkonsumsi daging kambing berlebihan. Jadi ingat! Saat Hari Raya Idul Adha nanti, Anda tetap harus membatasi jumlah konsumsi daging kambing. Selain bisa menyebabkan panas dalam daging kambing ini juga bisa memicu darah tinggi.

Demikian lah beberapa cara untuk mencegah panas dalam seperti yang disampaikan Arie. Semoga bermanfaat dan selamat Hari Raya Idul Adha! (YG)

Comment di sini