Duh! Turis Arab Ini Salat Pakai Sepatu di Musala

by
September 26th, 2014 at 10:55 am

Bogor (CiriCara.com) – Ada-ada saja kelakuan para turis asal Arab saat berkunjung di Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Pasalnya mereka salat memakai sepatu, tanpa mencuci kaki, dan ada juga yang memakai celana pendek.

turis arab

Turis Arab salat di musala, Puncak, pakai sepatu dan celana pendek – Facebook/Eka Winarotomo

Gaya para turis Arab itu sempat diabadikan oleh Eka Winarotomo, saat bersama keluarganya sedang berlibur di kawasan wisata Curug Cilember, Cisarua, Bogor. Eka pun langsung memposting foto tersebut di akun Facebook-nya.

Menurut Eka, kejadian itu terjadi pada Selasa (23/9/2014) lalu. Eka yang merasa kelelahan setelah piknik bersama keluarga, akhirnya memutuskan untuk beristirahat sejenak di sebuah musala. “Sambil nunggu istri, saya rebahan di musala untuk melepas lelah,” katanya.

Namun, tiba-tiba datang seorang petugas musala (marbot) yang menegur Eka agar tidak tidur-tiduran di musala tersebut. Marbot itu beralasan, nanti para turis Arab-nya jadi tidak mau salat di musala kalau melihat ada orang yang tidur-tiduran di tempat suci. Eka pun kemudian duduk di emperan musala.

Tak lama, datang empat turis Arab yang langsung masuk ke musala dan salat zuhur. Eka awalnya tidak begitu memperhatikan para turis Arab tersebut. Tapi sontak, Eka langsung terkejut saat melihat turis Arab itu ternyata salat dengan tetap memakai sepatu.

Eka yang merasa kesal langsung melaporkan tingkah turis Arab itu ke marbot musala yang menegurnya tadi. Ia geram, kenapa dirinya yang hanya rebahan (tidak tidur) langsung ditegur, tapi para turis Arab yang jelas-jelas mengotori musala itu malah dibiarkan.

“Saya bilang, ini musala tempat suci kenapa itu turis dibiarkan salat pakai sepatu di musala. Kakinya kotor-kotor lagi. Saya juga tidak melihat mereka wudu,” kata Eka, seperti dikutip dari Merdeka.com, Jumat (26/9/2014).

Tapi, si marbot malah berkelit dan mengaku tidak tahu. “Saya nggak lihat pak,” kata Eka menirukan kata si marbot.

Tidak hanya protes ke marbot, Eka pun mengaku sempat menegur turis Arab yang memakai sepatu tersebut. “Saya tegur pake bahasa Indonesia, ‘otak lu di mana’ terus dia jawab pake bahasa Arab ‘la la la’ gitu,” tutur Eka.

Menurut Eka, para turis Arab itu akhirnya langsung pergi setelah marbot datang dan bicara dengan bahasa Arab ke turis itu. Dari pengamatan Eka, turis Arab yang memakai sepatu bertindak sebagai imam, sedangkan salah satu makmumnya ada yang pakai celana pendek model pemain basket.

Meskipun demikian, menurut Eka, tidak semua turis Arab yang datang ke musala itu aneh-aneh. Masih ada beberapa turis Arab yang lebih sopan dan lebih rapi saat salat di musala tersebut.

(YG)

Comment di sini