Jokowi: Catat Partai-Partai yang Rebut Hak Rakyat!

by
September 26th, 2014 at 1:57 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Rapat paripurna DPR RI yang membahas soal Rancangan Undang Undang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akhirnya telah selesai. Setelah berlangsung alot, akhirnya DPR memutuskan Pilkada dipilih DPRD atau tidak langsung.

joko widodo

Jokowi salam 2 jari – Ist

Terkait hasil rapat tersebut, presiden terpilih Joko Widodo alias Jokowi menilai keputusan itu menjadi tanda kemunduran demokrasi di Indonesia. Pasalnya, Pilkada lewat DPRD itu sama saja dengan merampas hak politik rakyat dalam memilih pemimpin daerahnya.

Jokowi pun meminta agar masyarakat mencatat baik-baik partai mana saja yang telah merebut hak rakyat tersebut. “Rakyat harus catat partai mana saja yang rebut,” katanya di sela-sela acara pembekalan caleg PKPI di Jakarta, Jumat (26/9/2014).

Menurut Jokowi, masyarakat sudah bisa melihat sendiri partai mana saja yang telah mengambil hak politiknya. Pasalnya, rapat paripurna DPR RI yang membahas masalah RUU Pilkada tersebut juga disiarkan sejumlah televisi nasional.

“Sekali lagi, tadi malam masyarakat bisa lihat partai mana yang merebut hak politik rakyat,” kata Jokowi.

Sejak awal, Jokowi mengatakan bahwa dirinya menolak Pilkada lewat DPRD. Ia lebih memilih Pilkada langsung dipilih rakyat, bukan DPRD. Sejumlah alasan pun dikemukakan, salah satunya Pilkada lewat DPRD dianggap tidak akan transparan.

Lebih lanjut, Jokowi dan partai yang menolak Pilkada lewat DPRD pun mengaku akan melakukan langkah-langkah perlawanan. “Tentunya nanti ada langkah-langkah selanjutnya. Tapi nanti, nanti,” kata Jokowi yang kini masih jadi Gubernur DKI Jakarta.

Dari hasil voting rapat paripurna DPR RI, Jumat (26/9/2014) dini hari WIB, sebanyak 226 anggota dewan setuju Pilkada lewat DPRD. Sementara 135 anggota dewan menyatakan tidak setuju dan lebih memilih Pilkada langsung.

Berdasarkan hasil voting tersebut, diputuskan bahwa Pilkada periode mendatang akan dipilih oleh DPRD. Itu artinya, masyarakat tidak akan memilih calon pemimpin daerahnya secara langsung.

(YG)

Comment di sini