Tips Sukses dari Orang Terkaya Tiongkok

by
September 26th, 2014 at 10:03 am

New York (CiriCara.com) – Pendiri perusahaan e-commerce Alibaba, Jack Ma, dinobatkan sebagai orang terkaya di Tiongkok. Alibaba yang dibentuk 15 tahun lalu, kini menjadi perusahaan internasional dengan kapasitas pasar US$ 165,5 miliar (Rp 1.655 triliun).

jack ma alibaba

Jack Ma – Ist

Sebelum menjadi sukses seperti sekarang, Jack pun pernah mengalami massa-massa yang berat. Ia pernah menjadi seorang guru bahasa Inggris setelah lulus dari Hangzhou Teacher Institute. Saat itu ia hanya mendapat gaji sebesar US$ 12 per bulan.

Penasaran, kenapa Jack bisa meraih kesuksesan hingga dinobatkan jadi orang terkaya di Tiongkok? Apakah kesuksesan yang ia raih adalah berkat kekayaan dari orang tua, atau murni karena kerja kerasnya sendiri?

Berikut beberapa tips sukses yang diungkap Jack di hadapan publik Clinton Global Intiative (CGI) di New York:

1. Bersyukur

Salah satu kunci sukses adalah mensyukuri apa yang kita terima saat ini. Memikirkan besar kecilnya penghasilan yang diterima saat ini hanya akan membuat kita jadi pusing sendiri. “Jadi bersyukurlah dengan apa yang kamu dapatkan sekarang,” kata Jack.

2. Pelanggan setia

Untuk bisa meraih kesuksesan, kita harus punya pelanggan yang setia. Caranya tentu saja dengan memberikan konten atau layanan yang berkualitas buat pelanggan. “Saya tidak butuh ayahnya yang kaya raya atau paman yang punya kekuatan di berbagai bidang, yang saya butuhkan hanyalah pelanggan setia yang mau mendukung saya,” kata Jack.

3. Percaya diri dan optimis

Jack mengaku sebelumnya ia merasa tidak percaya diri akan sukses di bisnis internet di Tiongkok. Namun ia tetap optimis, hari ini memang berat, besok akan lebih berat lagi, namun ia percaya di ujungnya pasti akan ada suatu kebahagiaan.

4. Bersedekah

Menurut Jack, menyumbangkan sebagian penghasilannya akan memberikan dampak baik pada perusahaannya. Saat ini, Jack memang telah menyumbangkan sebagian dari kekayaannya untuk sektor pendidikan dan juga lingkungan. Ia yakin, dari sumbangannya itu akan muncul bibit-bibit muda yang bisa mengatasi masalah lingkungan di Tiongkok.

5. Berpikir maju

Anda harus berpikir maju dan terus bermimpi. “Selalu saya percaya, kita harus berpikir tentang apa yang harus kita lakukan selama 10 tahun mendatang. Kita sukses hari ini karena kita punya suatu mimpi 15 tahun lalu,” ujar Jack.

Itulah beberapa tips sukses dari Jack Ma, pendiri perusahaan Alibaba. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini